Selasa 03 Aug 2010 05:14 WIB

'Hotel Terapung' Ikut Bantu Acara Sail Banda

Rep: Rahmat Santosa Basarah/ Red: Arif Supriyono

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Kalangan swasta ikut terlibat dalam pelaksanaan Sail Banda 2010. Keterlibatan swasta meliputi berbagai hal, termasuk pengobatan gratis dan sektor transportasi.

Atas permintaan Gubernur Malulu, Karel Albert Ralahalu, AG Network ikut berpartisipasi dengan membantu pengangkutan perahu layar, perlengkapan selam, atlet dan ofisial Persatuan Olahraga Layar Seluruh Indonesia (Porlasi) dari 7 provinsi (Sumatera Barat, Sumatra Selatan, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Timur) ke Ambon dengan menggunakan kapal motor Tunas Wisesa 03.

Kepala Operasi Bakti Bahari Tunas Wisesa 03, Rumy Kreshna Wibawa, Senin (2/8), menyebutkan KM Tunas Wisesa 03 tidak hanya digunakan untuk mengangkut atlet, ofisial, perahu layar dan perlengkapan selam, namun juga menjadi "hotel terapung" untuk para atlet, termasuk menampung para atlet yang "telantar" karena tidak mendapat tempat penginapan. Selain itu, AG Network juga mengerahkan 4 buah pesawat udara untuk membawa para menteri dan pejabat eselon 1 dari Jakarta ke Maluku.

Arie Sahetapy, ketua pelaksana Kejurnas Layar Indonesia Open Seri III-2010 berterima kasih kepada AG Network yang telah membantu pengangkutan atlet dan perlengkapan lomba dari 7 provinsi ke Ambon. Arie mengaku amat terbantu dengan keberadaan fasilitas transportasi yang ada.

Seperti diutarakan Ketua Panitia Sail Banda 2010, Fadel Muhamad, bahwa acara ini berbeda dengan agenda serupa di negara lain. "Selain mempromosikan kekayaan bahari wilayah Timur Indonesia, khususnya Maluku, Sail Banda 2010 juga mengemban misi kemanusian, yakni pelayanan kesehatan gratis," ujar Menteri Kelautan dan Perikanan, Fadel Muhamad, ketika menyaksikan pengobatan gratis tim medis KM Tunas Wisesa 03 di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Tantui, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

Sejumlah tenaga medis asing juga terlibat dalam missi kemanusian Sail Banda 2010, seperti dari Australia, Singapura, Malaysia, dan sejumlah negara sahabat. Ribuan warga Ambon menikmati pelayanan kesehatan gratis selama Sail Banda 2010 berlangsung.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement