Kamis 03 Jun 2010 23:06 WIB

Berlebihan, Anggota DPR Minta Dana Aspirasi Rp 15 Miliar

Rep: Antara/ Red: Budi Raharjo
Pramono Anung
Foto: Yogi Ardhi/Republika
Pramono Anung

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Wakil Ketua DPR, Pramono Anung, menganggap usulan Fraksi Partai Golkar tentang dana aspirasi senilai Rp15 miliar per daerah pemilihan untuk setiap anggota DPR, berlebihan. ''Ini sebenarnya usulan satu fraksi yaitu FPG dan saya pribadi menganggap usulan ini berlebihan,'' ujar Pramono di Gedung DPR Jakarta, Kamis (3/6).

Menurut mantan sekjen DPP PDIP ini, setiap anggota DPR mempunya daerah pemilihan masing-masing dan jumlah seluruh anggota DPR saat ini adalah 560 orang. ''Alangkah tingginya (anggaran itu). Padahal banyak daerah-daerah yang PAD-nya tidak sampai Rp 15 miliar,'' kritiknya seraya menambahkan selain itu tentunya juga dibutuhkan satu mekanisme pengawasan ketat.

Oleh karena itu, Pramono berpendapat, usulan itu perlu dipertimbangkan lagi dan kalaupun disetujui angkanya juga tentunya tidak bisa sebesar itu. Hal lain yang patut dicermati, kata dia, adalah mekanisme penggunaannya harus transparan dan tidak bisa uang itu kemudian menjadi titipan anggota DPR di daerah pemilihannya.

''Jangan sampai dia (anggota DPR itu) punya keistimewaan tertentu, sehingga ada kemudahan dia nanti misalnya untuk maju kembali 2014. Itu menjadi tidak adil bagi yang lainnya,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement