Sabtu 15 May 2010 01:57 WIB

Setgab Diragukan Capai Tujuannya

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Budi Raharjo
Maswadi Rauf
Maswadi Rauf

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Pengamat politik UI, Maswardi Rauf, menyangsikan pembentukan sekretariat gabungan (setgab) dapat mencapai tujuannya. Selain mekanisme kerja yang belum ada, sekretariat gabungan juga dipandangnya terlalu rumit.

Maswardi mengatakan, tujuan setgab memang untuk memperkuat dukungan DPR terhadap pemerintah. ''Mekanisme kerjanya tapi belum berjalan, saya pesimis tujuan ideal sekretariat gabungan bisa tercapai,'' kata dia, Jumat (14/5).

Setgab sesungguhnya tidak perlu dibuat dengan mekanisme ketua harian. Maswardi menganggap, sekretariat yang dipimpin seorang ketua dari unsur Partai Demokrat ditambah pimpinan-pimpinan partai dan ketua fraksi sudah cukup untuk membahas kebijakan dan memperkuat dukungan parlemen pada pemerintah. ''Sekarang malah tampaknya seperti Presiden yang berupaya merangkul Golkar, supaya Golkar jadi anak baik dalam koalisi,'' kritiknya.

Politikus PDIP, Arief Budimanta, mengatakan kerja setgab yang digadang-gadang demi rakyat itu pada akhirnya harus dapat diukur. Takaran tahun depan, minimal dapat tercapai lewat angka defisit di komponen APBN 2011 yang bakal bertambah atau berkurang.

Takaran pencapaian jangka pendek lainnya dapat dilihat dari tiga aspek.

Pertama, penyelesaian kasus Century. Arief berharap setgab dapat menerjemahkan penuntasan perkara itu, bukan dengan upaya memetieskan penyelesaian kasusnya. Lalu, masalah lumpur Lapindo di Sidoarjo, Jawa Timur, serta pemberantasan makelar kasus pajak tanpa pandang bulu harus bisa menjadi ukuran keberhasilan jangka pendek dari kinerja setgab.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement