Rabu 12 May 2010 07:37 WIB

Setara Nilai Susno Ditahan Dengan Bukti Prematur

Rep: rahmat santosa basarah/ Red: taufik rachman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Penahanan Susno Djuadji oleh Mabes Polri menimbulkan pertanyaan pada publik bahwa Mabes Polri bertindak bias dalam melakukan penegakan hukum. Padahal sejatinya semua tindakan dan upaya hukum yang dilakukan haruslah diorientasikan pada perbaikan dan reformasi di tubuh Polri.

''Tanpa bermaksud untuk mencampuri proses penyidikan yang tengah dilakukan oleh Penyidik Polri, SETARA Institute menilai bahwa penahanan Susno Djuadji terlalu dini dengan bukti dan keterangan saksi yang dikemukakan Polri masih prematur. Penahanan Susno Djuadji sendiri menurut kami terburu-buru dan berlebihan mengingat selama ini Susno Djuadji telah bertindak cukup kooperatif kepada penyidik Polri,'' tandas Hendardi, Ketua Badan Pengurus SETARA Institute, di Jakarta, Selasa (11/5).

Ditambahkan Hendardi, pihaknya mendukung Mabes Polri dalam upaya penegakan hukum, namun tentunya dengan bersikap transparan kepada publik. ''Mabes Polri perlu melakukan komunikasi dan penjelasan yang cukup kepada masyarakat, sejauh mana telah dilakukan proses hukum yang cermat, akurat dan obyektif. Polri harus menyadari bahwa kasus ini mendapat perhatian tinggi publik dan publik sangat memberikan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan Susno Duadji selama ini,'' katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement