Rabu 12 May 2010 05:32 WIB

PPP Dukung Wacana Penggiliran Ketua Harian Setgab

Rep: Indira Rezkisari/ Red: Siwi Tri Puji B

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP PPP, Lukman Hakim Saifuddin, menilai wacana penggiliran ketua harian Sekretariat Bersama Partai Koalisi (Setgab) sebagai sesuatu yang wajar. Penggiliran posisi ketua harian juga sebaiknya dibarengi dengan evaluasi.

''Lumrah, setiap tahun ada evaluasi. Juga digilir,'' kata Lukman, Selasa (11/5). Evaluasi, tegasnya, dimaksudkan agar efektivitas kerja sekretaris gabungan terukur. Lukman menyarankan waktu per tiga bulan sebagai masa evaluasi.

Penempatan Ketua Umum Partai Golkar, Aburizal Bakrie, sebagai ketua harian pun dipandang Lukman masih dalam kewajaran. Fungsi ketua harian masih sebatas koordinator. Bukan sebagai sosok penyeragam pendapat seluruh partai politik.

Sekretariat gabungan dipercaya Lukman, yang juga Wakil Ketua MPR, tidak akan memengaruhi kewenangan presiden dalam sistem presidensial. Menurutnya, selama presiden kukuh dengan kebijakan yang akan dia lakukan sekretariat gabungan tidak dapat mengganggu kerja presiden. ''Sekretariat gabungan sifatnya hanya menyamakan persepsi saja, sama sekali tidak berfungsi untuk mereduksi kewenangan presiden dalam sistem presidensial,'' lanjutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement