Kamis 15 Apr 2010 02:10 WIB

Ramadhan Pohan: Demokrat tak Bergantung Pada SBY

Rep: Yasmina Hasni/ Red: Budi Raharjo
Partai Demokrat
Foto: Nunu/Republika
Partai Demokrat

JAKARTA--Partai Demokrat sedang bekerja keras memperjuangkan partainya menjadi modern yang tak bergantung pada satu figur tertentu. Hal ini, salah satunya, ditunjukkan dengan tampilnya tiga calon ketua umum PD yang masih berusia muda.

''PD itu tak hanya Presiden SBY, bahkan yang akan tampil kedepan adalah para tokoh muda,'' ungkap politikus PD yang juga tim sukses pemenangan Andi Malarangeng, Ramadhan Pohan, pada Republika, Rabu (14/4).

Ramadhan berani membandingkan partainya dengan partai lain, seperti PDIP dan Partai Golkar. Kedua partai itu, dikatakannya, mempunyai ketua umum yang berasal dari golongan tua. ''Ketum-nya, Megawati dan Aburizal Bakrie, masih generasi tua,'' sindirnya.

Generasi tersebut, menurut Ramadhan, sudah tidak ada di PD. Dia pun dengan tegas menyatakan tak adanya sistem dinasti di PD. Apalagi, sekarang ini seharusnya para pemimpin partai berasal dari kalangan generasi usia 40 tahun-an, bukan 60 tahun-an lagi. ''Demokrat tergantung pada banyak figur di dalamnya. Tak hanya SBY, melainkan ada generasi Malarangeng dan generasi Urbaningrum,'' ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement