Selasa 31 Jan 2023 08:08 WIB

Fadli Zon Terlibat Debat dengan Stafsus Menkeu di Twitter

Fadli menulis status harga BBM di Aljazair murah, dan direspon Prastowo.

Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon.
Foto: @fadlizon
Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Fadli Zon menjelaskan, harga bahan bakar minyak (BBM) di Aljazair sangat murah. Pun dengan jalan tol bagi rakyat dapat dinikmati gratis. Fadli selaku ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen DPR saat ini sedang berada di Aljir, ibu kota Aljazair untuk mengikuti konferensi ke-17 Uni Parlemen Negara-Negara Islam (PUIC) dengan peserta 56 negara Organisasi Konferensi Islam (OKI).

"Di Aljazair, harga bensin Rp 3.000 per liter, harga solar Rp 1.700 per liter. Jalan tol ribuan kilometer gratis. Tak ada satu pun ruas tol berbayar. Luar biasa," katanya melalui akun Twitter, @fadlizon dikutip Republika.co.id di Jakarta, Selasa (31/1/2023).

Status itu pun langsung ditanggapi Staf Khusus Menteri Keuangan, Prastowo Yustinus. Dia pun membagikan data terkini terkait perbedaan Aljazair dan Indonesia.

"Pak @fadlizon mungkin perlu membandingkan ini juga. Aljazair punya cadangan minyak lima kali Indonesia, lifting dua kali Indonesia, dan jumlah penduduk hanya seper enam Indonesia. Eh, rasio utang Aljazair 62,99 persen. Di sini rasio utang 39,57 persen (2022), sudah Anda nyinyirin habis-habisan," katanya lewat akun @prastow.

 

Fadli pun menimpali Prastowo. "Coba baca pelan-pelan twit saya, itu informasi dasar soal harga bensin, solar, dan jalan tak berbayar. Yang buat perbandingan dan sewot kan Anda sendiri. Yang jelas Aljazair mungkin belajar dari Pasal 33 UUD 1945, bahwa kekayaan alam untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat, bukan kemakmuran asing," kata Fadli.

Prastowo gantian membalas Fadli. "Hehe… Saya tidak perlu sewot dan bermain kata untuk urusan begini. Saya justru memberi informasi pendamping buat publik Indonesia, bahwa informasi harga yang dilepaskan dari konteksnya rawan menyesatkan. Penetapan harga BBM adalah keputusan pemerintah, di mana Gerindra bagiannya," kata Prastowo yang juga menampilkan harga BBM di Aljazair terkini.

Diberi grafis harga BBM di Aljazair, Fadli mengkritik Prastowo. "Biasanya 'textbook thinker' sering missing the point. Informasi saya sangat akurat, dari realitas sehari-hari di Algiers (Aljir), bukan dari Google. Oh ya di Aljazair satu USD 203 dinar, bukan 150 dinar," kata Fadli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement