Ahad 22 Jan 2023 20:18 WIB

Pengamat: Ganjar-Erick Thohir Kantongi Dukungan Elite dan Masyarakat di Akar Rumput

Dukungan disampaikan secara terang-terangan dan ada juga yang secara implisit.

Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo disebut sebagai duet capres dan cawapres yang sudah mendapatkan dukungan dari elite hingga masyarakat di akar rumput.
Foto: Dok
Menteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo disebut sebagai duet capres dan cawapres yang sudah mendapatkan dukungan dari elite hingga masyarakat di akar rumput.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengamat Politik Yuari Prayanto berpendapat kandidat capres Ganjar Pranowo dan cawapres Erick Thohir sudah mengantongi banyak dukungan, mulai dari elite nasional hingga masyarakat di akar rumput. Dukungan kepada Ganjar-Erick, kata dia, ada yang disampaikan secara terang-terangan dan ada juga yang secara implisit.

“Buktinya ada dukungan elite dan seluruh masyarakat Indonesia yang berdatangan pada Ganjar Pranowo dan Erick Thohir. Mulai dari kode-kode implisit ya dari PAN, PDI P, dari ormas seperti PB NU hingga inisiatif masyarakat di akar rumput mulai membuat basis-basis relawan untuk Ganjar dan Erick,” kata Yuari, Ahad (22/1/2023).

Kode-kode implisit dari berbagai partai seperti PAN, PPP hingga PDI Perjuangan mengarah kepada duet Ganjar-Erick. Bahkan belum lama ini, PAN melalui ketumnya yakni Zulkifli Hasan mendorong Erick Thohir untuk menjadi kontestan dalam kontestasi kepemimpinan Indonesia mendatang.

Demikian pula dengan PPP yang sangat mempertimbangkan Erick Thohir untuk diusung. Belum lama ini bahkan Erick Thohir terlihat akrab bersama Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Bersamaan dengan itu, PB NU mempertemukan duet Ganjar-Erick dalam acara Porseni NU di Kota Solo.

 

Keduanya bahkan dipersiapkan duduk mengapit Rais Aam NU yakni KH Miftachul Achyar. Dalam kesempatan tersebut Ganjar-Erick saling memuji kinerja pasangannya saat maju memberikan sambutan di hadapan para nahdiliyin.

Sementara itu, di jajaran akar rumput kelompok relawan keduanya telah bermunculan dan menjamur di berbagai daerah pulau Jawa. Seperti halnya kelompok relawan yang santer diberitakan oleh media yakni Jarik Merah Putih atau Ganjar-Erick untuk Merah Putih dan Konco Erick Thohir.

Yuari mengatakan fenomena tersebut wajar dalam tahun politik mengingat keduanya memiliki kompetensi yang tinggi sebagai calon pemimpin Indonesia selanjutnya. Baik Ganjar ataupun Erick memang dikenal sebagai pemimpin yang sarat akan prestasi dalam memimpin di masing-masing lembaga.

Seperti halnya Ganjar yang berhasil dalam melakukan transformasi birokrasi. Kemudian Erick dengan berbagai prestasinya dalam membersihkan dan mentransformasi Kementerian BUMN.

“Pak Ganjar dan Pak Erick adalah pemimpin muda memiliki jiwa dan semangat baru serta harapan besar tersimpan bagi ke dua sosok ini untuk menjadi pemimpin bangsa dan negara. Keduanya telah memiliki prestasi untuk menjadi pemimpin. Dua anak bangsa ini merupakan anak bangsa terbaik saat ini,” kata Yuari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement