Kamis 12 Jan 2023 20:18 WIB

'Jokowi Dukung Ganjar, Prabowo, Hingga Yusril Nyapres, Tapi dengan Anies Tutup Pintu'

Padahal, menurut Gus Choi, InsyaAllah Anies yang akan menang di Pilpres 2024.

Anies Baswedan bersama relawan Indonesia Anies. Anies saat ini adalah bakal calon presiden dari Partai Nasdem. (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Anies Baswedan bersama relawan Indonesia Anies. Anies saat ini adalah bakal calon presiden dari Partai Nasdem. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Oleh: Wahyu Suryana, Nawir Arsyad Akbar, Amri Amrullah

Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah beberapa kali menyampaikan dukungan secara verbal kepada tokoh-tokoh untuk Pilpres 2024. Namun, dukungan Jokowi tidak konsisten kepada salah satu tokoh, bahkan berubah-ubah tergantung acara yang dihadirinya.

Baca Juga

Terbaru, Jokowi menyampaikan dukungan kepada Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB), Yusril Ihza Mahendra, andai maju sebagai capres pada Pilpres 2024. Itu disampaikan saat menghadiri Pembukaan Rakornas dan Musyawarah Dewan Partai PBB.

"Kalau menyimak apa yang disampaikan Prof Yusril tadi, dengan pengalaman beliau yang sangat panjang, saya mendukung loh, kalau Prof Yusril pada 2024 nanti dicalonkan jadi presiden atau wakil presiden," kata Jokowi, Rabu (11/1/2023).

Ini bukan kali pertama Jokowi menyampaikan dukungan. Sebelumnya, saat hadiri acara Relawan Jokowi yang diselenggarakan di Gelora Bung Karno (GBK), Jokowi malah sempat menyampaikan ciri-ciri fisik pemimpin yang memikirkan rakyat.

"Ada juga yang mikirin rakyat sampai rambutnya putih semua, ada, ada itu. Kalau di wajahnya cling, bersih, tidak ada kerutan di wajahnya, hati-hati. Lihat juga rambutnya, kalau rambutnya putih semua, ini mikir rakyat ini," ujar Jokowi.

Walaupun tidak secara spesifik menyebutkan nama sosok yang dimaksudnya, publik banyak berspekulasi orang yang dimaksud merupakan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Apalagi, banyak dorongan kepada Ganjar untuk maju di Pilpres 2024.

Belum lagi, dari banyak nama-nama yang dikaitkan dengan Pilpres 2024, baik sebagai capres maupun cawapres, rasanya cuma Ganjar yang memiliki ciri khas rambut putih. Sayang, lagi-lagi, sosok yang dimaksud tidak ditegaskan Jokowi.

Selain itu, Jokowi sempat pula menyampaikan dukungan untuk Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto, yang merupakan Ketua Umum Partai Gerindra untuk maju dalam Pilpres 2024. Bahkan, kode dukungan itu disampaikan Jokowi tidak cuma sekali.

Pertama, Jokowi sempat menyampaikan kode dukungan saat memberikan sambutan di HUT Partai Perindo terkait jatah Prabowo di 2024. Kemudian, dukungan ke Prabowo disampaikan saat menghadiri pembukaan Indo Defence 2022 di Jiexpo Kemayoran.

"Sudah sejak awal, kok restu-restu, sejak awal saya sampaikan mendukung beliau," kata Jokowi.

Ketua DPP Partai Nasdem, Effendy Choirie atau Gus Choi menyoroti obral dukungan Jokowi kepada tokoh-tokoh di atas jika mereka menjadi capres pada 2024. Menurutnya, Jokowi dukungan Jokowi terlalu jelas menjurus kepada tokoh selain Anies Baswedan.

"Dulu dia (Jokowi) mengatakan di forum relawan calon presiden ada di ruangan ini, di ruangan ini siapa waktu itu? Kan Ganjar. Setelah itu ada pernyataan dukung Prabowo, 'giliran setelah saya adalah Prabowo'," ujar Gus Choi.

"Kemarin acara PBB mendukung Yusril, asal Yusril punya kecukupan partai yang mengusung. Nah dia memang begitu, tapi dengan Anies tutup pintu, terkunci. Padahal yang akan datang itu Anies InsyaAllah yang akan menang, InsyaAllah Anies yang akan menang itu," sambung Ketua Teritorial Pemenangan Pemilihan Umum Partai Nasdem itu.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement