REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Di era digital yang semakin kompetitif, kemampuan merangkai kata-kata yang bisa menarik perhatian dan memengaruhi audiens menjadi sangat penting.
Menyadari hal ini, Program Studi (prodi) Bisnis Digital Kampus Digital Bisnsi Universitas Nusa Mandiri (UNM) menghadirkan Copywriting sebagai salah satu mata kuliah unggulan.
Menurut Kaprodi Bisnis Digital UNM, Lia Mazia, mata kuliah Copywriting dirancang untuk melatih mahasiswa menulis konten pemasaran yang efektif dan persuasif. Mahasiswa akan mempelajari teknik menulis untuk berbagai platform digital.
Mulai dari media sosial, website, email marketing, hingga iklan digital. Selain itu, mahasiswa diajarkan bagaimana memahami perilaku konsumen dan mengolah kata menjadi strategi komunikasi yang berdampak,” jelasnya dalam rilis Kamis (22/5/2025).
Ia menyampaikan, copywriting bukan hanya tentang menulis, tapi juga memahami audiens dan menggerakkan mereka untuk mengambil tindakan. Ini skill penting di dunia digital marketing saat ini.
“Lulusan yang punya kemampuan copywriting memiliki peluang karier luas. Mereka dapat bekerja sebagai copywriter, content writer, digital marketing specialist, atau social media manager di perusahaan-perusahaan startup, agensi kreatif, perusahaan e-commerce, hingga media besar,” paparnya.
Dari segi penghasilan, ungkap Lia, profesi di bidang copywriting cukup menjanjikan. Seorang copywriter pemula atau fresh graduate biasanya mendapatkan gaji antara Rp 4 juta hingga Rp 6 juta per bulan.
Sementara itu, bagi mereka yang sudah memiliki pengalaman kerja 2-5 tahun di bidang ini, gaji dapat meningkat menjadi sekitar Rp 7 juta hingga Rp 12 juta per bulan.
“Untuk level senior dengan pengalaman lebih mendalam dan tanggung jawab strategis, gaji bisa mencapai Rp 12 juta hingga Rp 20 juta per bulan, bahkan lebih tergantung pada perusahaan dan proyek yang dikerjakan,” ujarnya.
Tidak hanya itu, imbuhnya, banyak freelance copywriter yang juga menghasilkan penghasilan tinggi.
Mereka biasanya dibayar per proyek atau per artikel, dengan kisaran bayaran mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 2 juta atau lebih per konten, tergantung dari tingkat kesulitan dan klien yang dilayani – termasuk klien dari luar negeri.
Dengan peluang karier luas dan gaji kompetitif, jelas Lia, mata kuliah Copywriting menjadi salah satu aset berharga dalam kurikulum Prodi Bisnis Digital UNM.
‘’Kami mengajak generasi muda kreatif untuk bergabung, belajar, dan menaklukkan dunia digital dengan kekuatan kata-kata,” katanya.