Senin 28 Oct 2024 13:21 WIB

Pramuka KJRI Davao City Gelar Perkemahan

Kegiatan Pramuka KJRI Davao dibuat menyenangkan anak-anak.

Gugus Depan Pramuka Sekolah Indonesia Davao.
Foto: KJRI Davao
Gugus Depan Pramuka Sekolah Indonesia Davao.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Bertempat di House of Indonesia (HOI), Gugus Depan (Gudep) 001-002 KJRI Davao City melaksanakan kegiatan perkemahan penerimaan anggota baru Pramuka yang dilaksanakan dari tanggal 24-25 Oktober 2024. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh murid SID, guru, tendik, serta perwakilan dari ILO TNI.

Gudep 001-002 KJRI Davao City berpangkalan di Sekolah Indonesia Davao melaksanakan kegiatan Pramuka setiap hari Rabu sore. Setiap murid SID disarankan untuk mengikuti kegiatan Pramuka, karena kegiatan Pramuka diyakini dapat membentuk karakter anggotanya berdisiplin, mempunyai rasa nasionalisme yang tinggi, bekerjasama, saling menghormati, dan saling mencintai sesama manusia serta alam sekitarnya.

Baca Juga

Semua kegiatan dalam Pramuka dikemas dalam kegiatan yang menyenangkan, di alam terbuka berdasarkan usia dan tingkatan-tingkatannya.

Diawali dengan menjadi anggota Siaga, yaitu tingkatan untuk usia anggota antara 7-10 tahun, dan biasanya tingkatan Sekolah Dasar.

Tingkatan kedua adalah Penggalang, diperuntukan untuk anggotanya yang berusia 11-15 tahun. Dalam tingkatan Penggalang ini terbagi menjadi empat (4) yaitu: Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap, dan Penggalang Garuda.

Tingkat selanjutnya adalah tungkat Penegak dimana anggotanya berusia sekitar 16-20 tahun, dan biasanya sudah bersekolah tingkat SMP akhir atau sudah SMA.

Setiap kenaikan tingkat biasanya dicapai setelah mengikuti uji kecakapan dan syarat syarat tertentu. Khusus untuk perpindahan Penggalang ke Penegak dikenal istilah Penerimaan Tamu Ambalan (PTA).

Mengingat sebagaian besar anggota Pramuka Gudep 001-002 merupakan murid SID, yang terdiri dari tingkat SD, SMP, dan SMA, maka kegiatan perkemahan ini untuk menerima anggota baru tingkat Siaga, Penggalang, serta penegak.

Kegiatan yang dibuka dengan Upacara Bendera dan bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Kak Muhamad Heru Santoso, yang juga Waka Kesiswaan SID.

Dalam sambutannya, Kak Heru Santoso, mengingatkan agar peserta perkemahan mengikuti semua kegiatan dengan baik, serta selalu menjaga kesehatan.

“Menjaga Kesehatan itu penting sekali, karena setelah mengikuti kegiatan penerimaan anggota baru ini, Pramuka kita juga akan ikut berpartisipasi dalam Jambore Regional Boy Scout of Philippine yang akan dilaksanakan di Malagos dari tanggal 25-27 Oktober 2024. Jagalah nama baik Indonesia, KJRI Davao City, dan SID di sana,” ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement