Kamis 24 Oct 2024 22:31 WIB

Bingung Pilih Universitas? Ini 8 Langkah Agar Pilihan Tepat

Memilih universitas perlu dilakukan secara selektif

Ilustrasi wisudawan. https://universitasindonesia.com/
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Ilustrasi wisudawan. https://universitasindonesia.com/

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-Memilih universitas yang tepat adalah langkah penting dalam menentukan masa depan pendidikan dan karier. Dengan begitu banyak pilihan yang tersedia, proses ini bisa menjadi cukup membingungkan.

Dilansir dari situs universitasindonesia.com, berikut ini adalah beberapa tips yang dapat membantu kamu memilih universitas yang sesuai agar tidak salah pilih.

Baca Juga

Pertama, kenali minat dan bakatmu

Langkah pertama sebelum memilih universitas adalah memahami minat dan bakat yang dimiliki. Pilihlah program studi yang sesuai dengan minat tersebut. Jika kamu menyukai bidang teknologi, mungkin jurusan seperti Teknik Informatika atau Sistem Informasi bisa menjadi pilihan.

Sedangkan, bagi yang tertarik dengan seni, kamu bisa mempertimbangkan program studi Desain Grafis atau Seni Rupa. Dengan memilih program studi sesuai minat, proses belajar akan terasa lebih menyenangkan.

Kedua, cek akreditasi universitas dan program studi

Akreditasi menjadi salah satu indikator kualitas dari sebuah universitas. Universitas dan program studi yang memiliki akreditasi baik biasanya akan memberikan pendidikan dengan standar yang tinggi.

Selain itu, akreditasi juga penting saat mencari pekerjaan, karena beberapa perusahaan lebih mempertimbangkan lulusan dari program studi yang terakreditasi baik. Informasi tentang akreditasi dapat dilihat di situs resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) atau situs resmi universitas.

BACA JUGA: Jamuan Makan Malam Terakhir, Perpisahan Mengenaskan Pasukan Elite Golani Israel

 

Ketiga, pertimbangkan lokasi dan lingkungan kampus

Lokasi kampus adalah aspek yang seringkali diabaikan, padahal ini dapat mempengaruhi kenyamanan selama menempuh pendidikan.

Pertimbangkan jarak antara tempat tinggal dan kampus, serta akses transportasi yang tersedia. Jika memilih universitas di luar kota atau bahkan luar negeri, perhatikan juga budaya dan kondisi cuaca di sana agar bisa beradaptasi dengan baik.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement