Rabu 16 Oct 2024 11:02 WIB

Lewat Program CLP, Riyan Optimistis Setelah Lulus dari Cyber University Langsung Kerja

Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia bisnis digital.

Kisah perjalanan kuliah Riyan Marten Adi Nugraha, mahasiswa Program Studi Bisnis Digital di Cyber University, menjadi inspirasi bagi banyak mahasiswa lainnya.
Foto: Cyber University
Kisah perjalanan kuliah Riyan Marten Adi Nugraha, mahasiswa Program Studi Bisnis Digital di Cyber University, menjadi inspirasi bagi banyak mahasiswa lainnya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kisah perjalanan kuliah Riyan Marten Adi Nugraha, mahasiswa Program Studi Bisnis Digital di Cyber University, menjadi inspirasi bagi banyak mahasiswa lainnya. Meskipun menghadapi tantangan berat akibat pandemi saat pertama masuk kuliah, ia tak pernah kalah dengan keadaan dan berhasil meraih prestasi akademik yang membanggakan.

Sebagai informasi, di Cyber University menerapkan kurikulum Company Learning Program (CLP) 3+1. Belajar di kelas 3 tahun, satu tahunnya magang di perusahaan. Di Prodi Bisnis Digital sendiri, menggabungkan ilmu manajemen, bisnis, dan teknologi informasi secara seimbang. Hal ini bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia bisnis digital yang dinamis.

Baca Juga

"Kuliah di jurusan Bisnis Digital memberikan banyak insight baru bagi saya, yang memang ingin membangun karier di dunia digital. Saya sangat menikmati mata kuliah di prodi ini, terutama Statistika, Manajemen Keuangan, dan Bisnis Analitik," katanya, dalam keterangan tertulis, Rabu (16/10/2024).

Menurutnya, mata kuliah tersebut sangat membantu dalam memahami tren dan pola dalam dunia bisnis, yang kemudian diterapkan dalam program magang yang ia jalani saat semester 6 dan 7. Riyan sendiri magang di PT. Allo Bank, mengisi posisi sebagai Business Development and Business Support.

"Tugas utama saya ketika magang mencakup reporting dan payment process, yang memperoleh apresiasi dari mentor-mentor saya. Pengalaman magang ini juga memperlihatkan pentingnya kemampuan teknis dan analitis dalam dunia kerja yang modern," katanya.

Sementara itu, skripsinya yang berjudul "Pengaruh Rasio Profitabilitas Terhadap Laba Bersih pada Bank Digital yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2019-2023", dibawah bimbingan Vivi Afifah, Kaprodi Bisnis Digital Cyer University, berhasil dipresentasikan dalam seminar ilmiah tingkat nasional.

Kini, Riyan telah meniti karier sebagai Business Development di salah satu perusahaan startup terkemuka di Jakarta. Prestasinya menjadi contoh nyata bagaimana dedikasi dan semangat dalam belajar dapat membuka peluang besar di dunia kerja.

"Semoga kisahnya (Riyan) ini dapat menjadi motivasi bagi mahasiswa lain untuk tetap berjuang dan meraih kesuksesan, meskipun menghadapi berbagai tantangan," harap Vivi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement