Rabu 16 Oct 2024 11:00 WIB

Brasil Sikat Peru 4-0, Raphinha Sumbang Dua Gol dari Titik Putih

Brasil berada di urutan keempat klasemen Zona Amerika Selatan dengan 16 poin.

Pemain Brasil Raphinha merayakan gol kedua timnya dari titik penalti melawan Peru selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di Stadion Mane Garrincha di Brasilia, Rabu (16/10/2024) pagi WIB.
Foto: AP Photo/Eraldo Peres
Pemain Brasil Raphinha merayakan gol kedua timnya dari titik penalti melawan Peru selama pertandingan kualifikasi Piala Dunia FIFA 2026 di Stadion Mane Garrincha di Brasilia, Rabu (16/10/2024) pagi WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Brasil menampilkan performa yang lebih meyakinkan saat menghadapi Peru dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Amerika Selatan di Arena BRB Mane Garrincha, Rabu (16/10/2024) pagi WIB. Raphinha mengonversi dua penalti pada masing-masing babak untuk membawa Brasil menang 4-0.

Bermodal kemenangan comeback 2-1 pekan lalu di Chile, Brasil terlihat lebih hidup sejak awal dan mendominasi penguasaan bola. Gol-gol di menit-menit akhir dari Andreas Pereira dan Luiz Henrique menyempurnakan penampilan yang mengesankan.

Baca Juga

Brasil, yang telah menelan empat kekalahan dari lima pertandingan kualifikasi sebelum kemenangan mereka di Chile, berada di urutan keempat klasemen dengan 16 poin setelah 10 pertandingan, kalah selisih gol dari Uruguay yang berada di urutan ketiga.

“Saya pikir kami membutuhkan ini, sangat penting untuk memenangkan kedua pertandingan untuk kembali ke jalur yang benar,” kata Raphinha kepada televisi Brasil, Globo, dikutip Reuters.

“Itu dua pertandingan yang berhasil kami kendalikan. Ini masih jauh dari sempurna, tetapi saya yakin kami berada di jalur yang benar.”

Setelah tendangannya membentur mistar gawang pada menit ke-24, Raphinha membawa tim tuan rumah unggul dari titik penalti pada menit ke-38 setelah pemain belakang Peru Carlos Zambrano diganjar kartu kuning karena handball.

Penyerang Barcelona ini memperbesar keunggulan Brasil melalui titik putih pada menit ke-54 setelah Zambrano melakukan pelanggaran terhadap Savinho di dalam kotak penalti.

Pemain pengganti Pereira mencetak gol ketiga Brasil melalui tendangan voli akrobatik pada menit ke-72. Ia dengan brilian menyelesaikan umpan silang dari Luiz Henrique, yang memastikan kemenangan dua menit kemudian dengan tendangan mendatar dari tepi kotak penalti.

Argentina menghancurkan Bolivia 6-0 dan memuncaki klasemen dengan 22 poin, unggul tiga poin atas Kolombia, yang menggilas tim yang berada di peringkat terakhir, Chile, 4-0.

Davinson Sanchez membuka skor untuk Kolombia dengan sebuah sundulan yang terdefleksi di menit ke-34 dan Luis Diaz menggandakan keunggulan mereka di awal babak kedua melalui sebuah tendangan mudah ke gawang yang kosong setelah kesalahan buruk yang dilakukan oleh lini pertahanan tim tamu.

Jhon Duran dan Luis Sinisterra memastikan kemenangan saat Chile mengalami kekalahan kelima secara beruntun di babak kualifikasi.

Paraguay mengalahkan Venezuela 2-1 dan berada di peringkat enam dengan 13 poin, sama dengan Ekuador di peringkat lima dan satu poin di atas Bolivia di peringkat tujuh. Enam tim teratas dijamin akan mendapatkan tempat di putaran final 2026 di Amerika Utara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement