Jumat 11 Oct 2024 01:18 WIB

Kemenangan di Depan Mata Indonesia Buyar Lewat Gol Injury Time Kontroversial Bahrain

Shin Tae-yong protes injury time yang molor sampai tiga menit.

Winger timnas Indonesia Ragnar Oratmangoen (kanan) saat menghadapi Bahrain pada pertandingan ketiga Grup C Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadin Nasional Bahrain, Rifa, Kamis (10/10/2024). Ragnar menyumbang satu gol dalam hasil imbang 2-2.
Foto:

Wasit Ahmed Al Kaf sempat menunggu lama untuk pengecekan VAR memastikan tidak ada pelanggaran, handball, atau offside. Akhirnya sekitar dua menit kemudian, wasit dari Oman ini menunjuk ke tengah tanda gol disahkan. Skor 1-1 menutup babak pertama.

Pada awal babak kedua, Shin memasukkan Eliano Reijnders dan Rizky Ridho menggantikan Sandy Walsh dan Jordi Amat. Indonesia sempat menciptakan momen berbahaya pada awal-awal, tapi kemudian kembali tertekan oleh serangan Bahrain.

Sampai suatu ketika Garuda mendapatkan momen serangan balik. Transisi cepat membuat bola dialirkan ke sisi kiri pertahanan Bahrain. Bola disambut oleh Marselino yang kemudian memindahkan bola ke sisi berlawanan. Di sana, Rafael Struick berhasil menguasai bola. Setelah menggocek sekali, Rafael dengan tendang melepaskan tendangan melengkung yang menembus gawang Bahrain.

Setelah gol ini, Bahrain terus menerus menggempur pertahanan Indonesia. Shin merespons dengan menarik Thom Haye dengan memasukkan Nathan Tjoe-A-On dan kemudian Witan Saulaeman menggantikan Rafael.

Bahrain mendapatkan peluang lewat tendangan bebas sedikit di luar kotak penalti, tapi bola eksekusi hanya menyamping di sisi gawang Paes.

Indonesia membuang dua peluang mencetak gol lewat serangan balik dalam situasi dua lawan satu dan tiga lawan satu. Kegagalan menambah gol harus dibayar mahal saat dalam situasi sepak pojok, Marhoon terlepas di tiang jauh untuk menaklukkan Paes dengan cocoran kakinya sambil menjatuhkan badan.

Gol ini diprotes oleh para pemain dan ofisial Indonesia, termasuk pelatih Shin. Shin berang karena injury time enam menit molor hingga terciptanya gol pada menit kesembilan. Ahmed Al Kaf meresponsnya dengan mengacungkan kartu merah kepada manajer timnas Indonesia Sumardji. 

Setelah tendangan restart dilakukan, sang wasit langsung meniup peluit tanda laga berakhir. Para pemain Indonesia yang tak puas masih melancarkan keluhan kepadanya tapi tetap tidak digubris.

Daftar Susunan Pemain:

Bahrain: Ebrahum Lutfalla, Amine Benaddi, Waleed Alhayam (C), Vincent Emmanuel (Sayed Hashim Issa 86'), Abdulla Alkhalasi, Abbas Fadhel Alasfoor (Abdulwahab Al-Malood 76'), Ali Madan (Mahdi Al-Humaidan 64'), Mohamed Marhoon, Ali Haram (Sayed Dhiya Saeed 65'), Komail Alaswad, Mahdi Abdul Jabar Hasan (Hussein Abdulkarim 64').

Pelatih: Dragan Talajic.

Indonesia: Maarten Paes, Mees Hilgers, Jay Idzes, Jordi Amat (Rizky Ridho 46'), Sandy Walsh (Eliano Reijnders 46'), Calvin Verdonk, Thom Haye (Nathan Tjoe-A-On 81'), Ivar Jenner, Malik Risaldi (Marselino Ferdinan 58'), Rafael Struick (Witan Sulaeman 90'), Ragnar Oratmangoen.

Pelatih: Shin Tae-yong.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement