Senin 30 Sep 2024 19:49 WIB

Pencak Silat Polda Jatim Sabet Juara Umum Kedua Piala Kasad 2 2024

Tim Polda Jatim meraih empat medali emas, empat perak, dan enam perunggu.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Selebrasi tim pencak silat Polda Jatim saat mencapai prestasi dengan predikat Juara Umum Kedua Kejurnas Piala Kasad 2 2024, GOR Tangkas Bogor, 27-29 September 2024.
Foto: dok Pencak Silat Polda Jatim
Selebrasi tim pencak silat Polda Jatim saat mencapai prestasi dengan predikat Juara Umum Kedua Kejurnas Piala Kasad 2 2024, GOR Tangkas Bogor, 27-29 September 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Polda Jatim menorehkan prestasi di ajang kejuaraan Pencak Silat Piala KASAD 2 2024. Tim Polda Jatim meraih empat medali emas, empat perak, dan enam perunggu.

Polda Jatim menyabet Piala Juara Umum 2 kategori TNI-Polri yang diselenggarakan mulai 27 hingga 29 September 2024 di Gedung Olah Raga (GOR) Laga Tangkas, Kawasan Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Baca Juga

Capaian ini berkat manajemen Polda Jatim berserta jajarannya dalam membina atlet pencak silat yang berada di wilayah mereka. Para atlet ini dibina langsung oleh Kapolda Jatim dan ditangani Ditreskrimsus Polda Jatim.

AKBP Damus Asa ditempatkan sebagai manajer tim pencak silat Polda Jatim dengan asisten Brigadir Yongky Pandu Pamungkas.

“Saya bangga atas raihan ini dan terharu sekali karena hanya waktu satu bulan persiapan di sela-sela tugas mereka sebagai anggota Polri. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya dan Polri khususnya. Ke depan saya berharap anak-anak konsisten dan terus berlatih untuk terus mengukir prestasi,” Ditreskrimsus Polda Jatim Kombes Pol Luthfie Sulistiawan.

Dengan membawa 16 atlet dan sejumlah ofisial. Tim ini langsung dilatih oleh pelatih PSHT asal Blitar, M. Fauzi. Prestasi yang terbilang luar biasa ini karena hanya melakukan persiapan kurang lebih satu bulan tetapi menghasilkan prestasi juara umum kedua.

Sebelum ini, tim pencak silat Polda Jatim juga ikut serta dalam Ajang Kapolri Cup 2024 dengan raihan yang terbilang sukses walapun tidak menjadi juara umum.

Luthfie mengapresiasi prestasi para atlet polda Jatim dalam ajang ini. Ia juga berterima kasih kepada Kapolda Jatim Irjen Pol Imam Sugianto yang memberikan dukungan penuh, mulai persiapan TC sampai menjalani event Kapolri Cup dan Kasad Cup 2024.

"Dukungan Bapak Kapolda membuat atlet pencak silat Polda Jatim bisa menyalurkan bakatnya dan mendapat sarana untuk berprestasi di luar dinas," kata dia.

Ucapan senada disampaikan manajer tim AKBP Damus Asa. Ia mengatakan, prestadi di Kasad Cup 2024 dipersembahkan untuk Polda Jatim yang sudah membina dan mendukung tim pencak silat secara maksimal.

"Selain itu, kami berharap ke depan semakin banyak atlet dari anggota Polri khususnya yang bisa masuk ke tim nasional pencak silat,” kata Damus.

Sementara M Fauzi yang melatih dan membimbing para atlet memuji semangat dan sikap pantang menyerah. Ia mengaku terharu atas raihan prestasi ini. Ia mengatakan, prestasi akan lebih baik lagi jika waktu persiapan lebih panjang.

"Target tahun depan yang pasti akan kami rebut juara umum di event pencak silat apa pun,” ujar M Fauzi.

Salah satu atlet yang menyabet dua medali sekaligus dalam dua turnamen di Kapolri Cup dan Piala Kasad 2 2024 adalah Bripda Revaldho Putra Pratama. Ia mempersembahkan gelar juara untuk Luthfie Sulistiawan selaku penanggung jawab pencak silat Polda Jatim yang kini mendapat promosi jabatan sebagai Kapolrestabes Surabaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement