Senin 23 Sep 2024 11:49 WIB

Calon Mahasiswa Harap Tenang! MOKA UNM Bikin Kepala Mendidih atau Mimpi Terwujud?

Orientasi ini bakal lebih dari sekadar beradaptasi.

MOKA (Masa Orientasi Kampus) UNM hadir dengan suguhan seru dan tentu saja, memberikan banyak banget info penting yang sayang kalau dilewatkan.
Foto: UNM
MOKA (Masa Orientasi Kampus) UNM hadir dengan suguhan seru dan tentu saja, memberikan banyak banget info penting yang sayang kalau dilewatkan.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Yak! Buat kalian yang sudah siap memulai perjalanan sebagai mahasiswa Universitas Nusa Mandiri (UNM), MOKA (Masa Orientasi Kampus) jadi awal yang baik. Siapkan mental, fisik, dan wifi kalian, karena orientasi ini bakal lebih dari sekadar beradaptasi—ini adalah medan tempur buat kalian yang mau benar-benar survive di dunia kampus. MOKA UNM digelar dalam rangkaian kegiatan PKKMB yang digelar di Universitas Nusa Mandiri kampus Maronda, Depok, pada Sabtu (21/9).

MOKA, salah satu kegiatannya menghadirkan talkshow akademik. Dalam talkshow akademik, dipimpin oleh moderator Siti Masturoh, menghadirkan Sukmawati Anggraeni Putri, selaku Kaprodi Sistem Informasi UNM, Arfhan Prasetyo Kaprodi Informatika UNM, Tati Mardiana Kaprodi Sains Data UNM, Instianti Elyana Kaprodi Manejemen UNM, dan Lia Mazia Kaprodi Bisnis Digital.

Baca Juga

“Yang sudah lolos administrasi, bakalan dapet NIM alias Nomor Induk Mahasiswa. Punya NIM berarti kalian resmi diterima di Universitas Nusa Mandiri (UNM),” kata Sukma dalam materinya.

Sementara Arfhan mengatakan, jangan lupa, setelah punya NIM, segera cetak KRS (Kartu Rencana Studi) kalian. Ini semacam paspor agar bisa ikut UTS dan UAS. So, kalau nggak cetak, ya jangan harap bisa ujian!

Eitss, jangan sampai kaget kalau ujian di Universitas Nusa Mandiri (UNM) itu ada kode etik busana yang seragam. Kemeja putih, celana/rok hitam, sepatu tertutup, bahkan sampai urusan kerudung hitam buat yang pakai. Lupakan jeans dan kaos santai kesayanganmu dulu saat ujian.

Sementara Tati menjelaskan, seragam ini wajib dipakai pas UTS, UAS, sampai sidang skripsi. Pokoknya, harus tampil kinclong dan rapi—enggak ada toleransi buat yang pengen nyeleneh.

Buat yang nilai UTS atau UAS-nya 'ngenes', tenang, masih ada kesempatan HER alias Ujian Perbaikan. Tapi ingat, maksimal cuma bisa perbaiki 7 mata kuliah per semester.

"Dan nilai terbaik yang bisa kamu dapatkan setelah HER itu mentok di angka B. Jadi, kalau mau usaha, HER adalah jalan ninja terakhir buat memperbaiki nasib," Elyana.

Khusus buat yang udah masuk tahap akhir, bersiaplah untuk menghadapi skripsi—mata kuliah yang wajib banget kalian taklukkan. Buat yang nilainya rata-rata 'aman' alias enggak ada D atau E, langsung bisa daftar bimbingan skripsi melalui situs universitas.

Ssst, jangan lupa bayar biaya bimbingan dulu, ya! Skripsi ini bukan sekadar formalitas, tapi misi pamungkas sebelum kalian bisa dapat toga dan siap bilang 'goodbye' ke dunia kampus.

Kalian yang masuk jurusan Sistem Informasi, Informatika, atau Sains Data, siap-siap merasakan kurikulum yang ‘nggak kaleng-kaleng’! Mulai dari sertifikasi BNSP, workshop coding, sampai hackathon internasional—semuanya ada di sini.

Lia memaparkan, Enggak cuma teori doang, tapi kalian bakal masuk ke dunia industri 4.0 langsung lewat proyek dan magang. Moka ini cuma permulaan dari segudang pengalaman seru yang bakal bikin kalian super sibuk tapi bangga!

"Jadi, buat kalian para calon mahasiswa baru, jangan sampai gentar! MOKA 2024 bakal jadi pengalaman yang mendebarkan, menantang, tapi juga menyenangkan. Siapkan diri kalian untuk dunia perkuliahan yang seru, nyeleneh, tapi penuh kesempatan emas buat masa depan yang cerah!," tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement