Ahad 22 Sep 2024 08:29 WIB

Hizbullah Bombardir Pangkalan Udara Ramat Milik Israel

Serangan pada Ahad adalah yang paling jauh merangsek wilayah Israel.

Petugas pemadam kebakaran Israel bekerja di sebuah rumah yang terkena roket yang ditembakkan dari Lebanon, dekat kota Safed, Israel utara, pada Sabtu, 21 September 2024.
Foto: AP Photo//Leo Correa
Petugas pemadam kebakaran Israel bekerja di sebuah rumah yang terkena roket yang ditembakkan dari Lebanon, dekat kota Safed, Israel utara, pada Sabtu, 21 September 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV –  Kelompok Hizbullah meningkatkan serangan rudalnya ke Israel utara dan Dataran Tinggi Golan Suriah yang diduduki dengan menembakkan puluhan roket sejak Ahad dini hari. Beberapa di antaranya menargetkan pangkalan udara Israel, Ramat David. 

Hizbullah mengatakan bahwa perlawanan menargetkan pangkalan Ramat David dengan puluhan rudal Fadi 1 dan Fadi 2, dan juga menargetkan pangkalan Ramat David dan bandara di tenggara Haifa dengan puluhan rudal sebagai tanggapan terhadap serangan Israel.

Baca Juga

Ini adalah pertama kalinya Hizbullah meluncurkan roket ke wilayah tersebut. Serangan hari ini juga merupakan titik terjauh sejak kelompok Hizbullah mulai menekan Israel agar menghentikan serangan ke Gaza pada 8 Oktober lalu. Serangan teranyar Hizbullah ini tanggapan atas peledakan alat elektronik yang menewaskan puluhan orang pekan lalu, serta serangan ke Beirut Jumat kemarin.

Otoritas Penyiaran Israel mengkonfirmasi bahwa sebuah rudal jatuh di dekat pangkalan Ramat David, dan koresponden Aljazirah melaporkan mendengar ledakan di daerah Nahalal yang berdekatan dengan pangkalan udara Ramat David Israel di Marj Bin Amer, sebelah timur Haifa.

Jerusalem Post melansir, Hizbullah mengirim roket ke Lembah Yizreel sekitar pukul 01.10 pada Ahad dini hari, dengan peringatan di dalam dan sekitar Haifa, Nazareth, Afula, dan Galilea bagian bawah. Pada pukul 02.00, Radio Angkatan Darat mengumumkan bahwa Israel menyerang Lebanon selatan sebagai tanggapan.

Radio Angkatan Darat dan KAN melaporkan bahwa Hizbullah secara khusus menargetkan pangkalan Ramat David di dekat Haifa untuk pertama kalinya dalam perang tersebut. Hizbullah mengkonfirmasi hal ini melalui Telegram, dengan mengatakan bahwa mereka telah menargetkan pangkalan dan bandara Ramat David sebagai tanggapan atas serangan IAF di Beirut yang menewaskan beberapa komandan utamanya.

Penargetan Ramat David adalah perkembangan penting, mengingat pada bulan Juli, Hizbullah menerbitkan rekaman drone dari pangkalan IDF Ramat David, yang difilmkan oleh kendaraan udara tak berawak (UAV). Pangkalan Ramat David berjarak sekitar 46 km dari perbatasan Israel dengan Lebanon. Video tersebut menampilkan pangkalan dan celahnya serta menyajikan informasi tentang berbagai sistem di dalam pangkalan. 

Para pejabat Hizbullah mengatakan kepada media Lebanon bahwa pangkalan udara Ramat David adalah salah satu pangkalan angkatan udara terpenting di Israel dan satu-satunya di Utara, Maariv melaporkan. Mereka menambahkan bahwa mereka akan mendistribusikan informasi rinci tentang pentingnya pangkalan tersebut, dan bahwa Hizbullah terus mengumpulkan informasi baru setiap saat.

IDF mengkonfirmasi bahwa sepuluh rudal diluncurkan. Sebagian besar berhasil dicegat, tetapi mereka mengumumkan bahwa ada jatuh yang terdeteksi di daerah tersebut. Media sosial melaporkan jatuhnya Moshav Sde Ya'akov, dan kebakaran yang terjadi akibat jatuhnya Kfar Baruch, yang kemudian dikonfirmasi oleh media Israel. Dewan regional Emek Jezreel mengatakan satu kejadian jatuh terdeteksi di daerah tersebut dan terjadi kerusakan kecil pada properti.

Menurut KAN, sebuah roket jatuh di Nazareth, dan kebakaran besar terjadi di tempat lain di kota itu. MDA melaporkan bahwa seorang pria berusia 60 tahun terluka ringan akibat pecahan peluru di Galilea Bawah.

 

 

Korban di Beirut

Sementara, korban jiwa  akibat serangan udara Israel di pinggiran selatan Beirut telah meningkat menjadi 38 orang, termasuk tiga anak-anak dan tujuh wanita, kata pihak berwenang Lebanon. Serangan tersebut, yang menghancurkan dua bangunan di distrik Dahiya di ibu kota Lebanon pada jam sibuk pada Jumat, juga melukai lebih dari 60 orang, Menteri Kesehatan Firass Abiad mengatakan pada konferensi pers pada hari Sabtu.

photo
Pekerja membersihkan puing-puing di lokasi serangan Israel pada hari Jumat di pinggiran selatan Beirut, Sabtu, 21 September 2024. - (AP Photo/Bilal Hussein)

“Tiga anak yang terbunuh berusia empat, enam dan 10 tahun,” menurut Abiad. Petugas darurat masih mencari 17 orang di bawah reruntuhan. “[Operasi penyelamatan] dapat berlanjut sekitar satu hari lagi,” Dorsa Jabbari dari Aljazirah melaporkan dari Beirut. “Masih ada rasa kaget dan takut,” tambahnya. “Banyak toko di daerah ini tutup, hanya sedikit orang yang hadir karena banyak yang memilih berkemas dan pergi.”

Pesawat-pesawat tempur Israel melanjutkan serangan udara besar-besaran sejak semalam, menargetkan beberapa kota di Lebanon selatan dan Lembah Bekaa.

Serangan tersebut termasuk puluhan serangan udara yang ditujukan ke kota-kota dan desa-desa seperti Al-Jabien, Sheihin, Tayr Harfa, Zebeqin, Kafra, Deir Aamiss, Zawtar, Al-Mahmoudiyah, Deir Siryan, Zarariyeh, Ansar, Malikh, Kafr Malaki, Barti, Al -Qatran, Al-Baysariyeh, Wadi Tuffahta, ketinggian Jabal al-Rihan, dan tepian Sungai Litani.  Serangan ini dibarengi dengan penerbangan pengintaian yang intens di wilayah udara Lebanon, sehingga meningkatkan ketegangan di wilayah tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement