Jumat 13 Sep 2024 09:03 WIB

Terungkap, IDF Sembunyikan Kematian Puluhan Tentara Akibat Serangan Hizbullah

Puluhan tentara IDF tewas daam serangan roket Hizbullah pada Agustus lalu.

Tentara Israel membawa peti mati sersan utama yang tewas akibat rudal Hizbullah saat pemakamannya di Mt Herzl di Yerusalem pada Selasa, 7 Mei 2024.
Foto: AP Photo/Ohad Zwigenberg
Tentara Israel membawa peti mati sersan utama yang tewas akibat rudal Hizbullah saat pemakamannya di Mt Herzl di Yerusalem pada Selasa, 7 Mei 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, TEL AVIV – Markas pasukan penjajahan Israel (IDF) diklaim menyembunyikan kematian puluhan tentaranya akibat serangan drone dan roket dari Lebanon pada akhir Agustus lalu. Fatalnya dampak dari serangan itu terungkap belakangan berbarengan dengan mundurnya komandan IDF yang terkait dengan unit yang diserang tersebut.

Sumber keamanan Eropa diklaim membocorkan kepada media Lebanon Almayadeen bahwa serangan Hizbullah baru-baru ini terhadap pangkalan Glilot dan fasilitas Ein Shemer, yang terkait dengan Unit 8200 Israel, mencapai keberhasilan besar.

Baca Juga

Menurut sumber tersebut, serangan yang diberi nama Operasi Arbaeen ini telah memakan banyak korban jiwa di kalangan unit intelijen Israel dengan korban jiwa mencapai 22 orang dan 74 anggota dilaporkan terluka.

Operasi tersebut diluncurkan sebagai tanggapan atas pembunuhan Komandan Fouad Shokor yang syahid, sebagaimana dikonfirmasi Sekretaris Jenderal Hizbullah Sayyed Hassan Nasrallah pada 25 Agustus.

Meski informasi tersebut belum dikonfirmasi oleh sumber lain, namun berita terkini tersebut bertepatan dengan pengunduran diri Brigjen Yossi Sariel dari Unit 8200, kemarin. Israel mengklaim pengunduran diri Sariel terkait dengan kegagalan intelijen pada 7 Oktober.

Namun, beberapa analis militer berpendapat bahwa keputusan untuk memecat Sariel mungkin ada hubungannya dengan peristiwa yang lebih baru, yaitu serangan balasan Hizbullah terhadap Israel pada 25 Agustus.

Dalam serangan tersebut, 340 roket, drone, dan proyektil lainnya ditembakkan ke Israel oleh Hizbullah. Kelompok Lebanon mengatakan bahwa sebagian besar roket ditembakkan untuk menetralisir pertahanan Israel, dengan tujuan akhir mencapai pangkalan Unit 8200 di wilayah Tel Aviv.

Merujuk respons Operasi Arbaeen dalam pidatonya hari ini, pimpinan Hizbullah Sayyed Nasrallah merefleksikan rincian operasi tersebut dan membantah klaim Israel sebelum dan sesudahnya.

Sayyed Nasrallah menyoroti bahwa pangkalan Glilot terletak 110 km dari Garis Biru antara Lebanon dan Palestina yang diduduki dan 1.500 meter dari pinggiran Tel Aviv, menempatkannya tepat di luar Tel Aviv. Dia menambahkan bahwa sasaran kedua operasi tersebut adalah pangkalan udara Ein Shemer, yang terletak 75 km dari Lebanon dan 40 km dari Tel Aviv.

Dia membenarkan bahwa "sejumlah besar drone mencapai sasaran yang diinginkan, namun musuh menyembunyikan semua rincian terkait, namun siang dan malam akan mengungkap kebenaran tentang apa yang terjadi di sana."

Sayyed Nasrallah menjelaskan, operasi tersebut dilakukan dalam dua tahap. Fase awal difokuskan pada penargetan lokasi dan barak di wilayah utara Palestina yang diduduki dengan ratusan roket yang dimaksudkan untuk menguras dan menguras Iron Dome dan rudal pencegat, sehingga membuka jalan bagi fase kedua, di mana kawanan drone menuju ke sasaran yang dituju.

Mengenai pedoman yang ditetapkan oleh Perlawanan dalam memilih target tersebut, Sayyid Nasrallah mencatat bahwa target tersebut harus bersifat militer, bukan sipil, terkait langsung dengan pembunuhan pemimpin yang syahid, dan berlokasi jauh di dalam wilayah pendudukan dan dekat dengan Tel Aviv.

Perlawanan Islam di Lebanon, Hizbullah terus menyerang situs militer Israel, tempat berkumpulnya tentara, dan peralatan militer di front utara untuk mendukung rakyat Gaza dan Perlawanan mereka yang berani, serta pertahanan Lebanon Selatan terhadap agresi Israel yang berkelanjutan. 

Serangan lanjutan... baca halaman selanjutnya

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement