Rabu 11 Sep 2024 08:05 WIB

Jasad-Jasad 'Meleleh' Usai Israel Pakai Bom AS Gempur Zona Kemanusiaan Al Mawasi

Banyak saksi menceritakan kondisi tubuh korban yang tak utuh terhadap bom Israel.

Seorang pria Palestina memeluk jenazah anak lelaki yang syahid akibat kamp pengungsian dibom serangan udara Israel. Pada Sabtu, IDF melancarkan serangan udara atas kamp pengungsian Sekolah Amr bin Al-As di Gaza Utara.
Foto:

"Saya tidak melihat para martir, tetapi para pemuda mengatakan ada seorang wanita yang kepalanya terpenggal, anak-anak dan anggota keluarga al-Shaer dan Foujo terbunuh. Semua yang tewas adalah orang-orang biasa. Kami tidak pernah mendengar bahwa ada di antara mereka yang bekerja sama dengan perlawanan sebelumnya," kata Shaer.

Militer Israel mengatakan mereka menargetkan pusat komando Hamas yang disamarkan di wilayah kemanusiaan di Khan Younis. Israel berdalih telah banyak langkah diambil untuk mengurangi kemungkinan melukai warga sipil, termasuk penggunaan persenjataan presisi, pengawasan udara, dan informasi intelijen tambahan".

Namun Israel tidak membagikan bukti untuk mendukung klaim mereka. Sementara Hamas membantah tuduhan tersebut.

Berbicara bersama Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken, Menteri Luar Negeri Inggris David Lammy menyebut serangan itu "mengejutkan" dan mengatakan hal itu menunjukkan perlunya gencatan senjata segera.

'Seperti gempa bumi'

Aisha Nayef al-Shaer, seorang wanita tua yang tinggal di al-Mawasi, menggambarkan melihat anggota tubuh yang terpotong ditarik dari bawah pasir.

"Kami sedang tertidur ketika pengeboman tiba-tiba dimulai. Kami mulai berlari dan menemukan orang-orang tergeletak di tanah. Beberapa kakinya putus, yang lain kepalanya dipenggal, dan orang-orang menggendongnya," katanya kepada MEE.

“Masih ada orang yang hilang di bawah pasir. Beberapa waktu lalu, mereka mencabut kepala, tangan, dan kaki. Orang-orang masih terkubur, dan keluarga mereka sedang mencari mereka. Mereka tertidur dan mereka mengebom mereka dengan pesawat terbang. Daerah itu penuh sesak dengan orang-orang dan tenda-tenda.”

Para saksi mata mengatakan sedikitnya 20 tenda darurat yang menampung keluarga menjadi sasaran. Mereka mendirikan tenda di daerah pesisir berpasir dekat kota Khan Younis, tempat dengan sedikit infrastruktur untuk mendukung mereka.

Ratusan ribu warga Palestina yang mengungsi telah berlindung di al-Mawasi setelah Israel memerintahkan mereka untuk meninggalkan Gaza utara dan timur segera setelah perang meletus pada bulan Oktober.

Sejak Israel memulai operasi militer di kota selatan Rafah pada bulan Mei, jumlah pengungsi di al-Mawasi telah berlipat ganda, situasi yang diperburuk oleh serangan yang dilancarkan di Khan Younis dan beberapa bagian Gaza tengah.

Al-Mawasi menyaksikan serangan serupa pada tanggal 13 Juli, ketika serangan udara Israel terhadap warga Palestina yang mengungsi menewaskan sedikitnya 88 orang dan melukai 289 lainnya.

Umm Mahmoud, seorang pengungsi Palestina yang telah berlindung di Mawasi selama sembilan bulan, menyebut serangan itu 'mengerikan'.

“Kami mendengar sekitar lima ledakan yang terasa seperti gempa bumi di daerah tersebut. Saat itu gelap, kami semua sedang tidur, dan anak-anak keluar sambil menangis. Orang-orang tercabik-cabik, kebanyakan dari mereka adalah wanita dan anak-anak,” katanya kepada MEE.

“Kami merasa aman di sini, dan tidak ada pejuang perlawanan di antara kami. Saya sudah berada di sini selama sembilan bulan dan belum melihat satu pun pejuang di daerah ini. Semua orang di sini adalah wanita, anak-anak, orang tua, dan orang biasa."

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement