Sabtu 07 Sep 2024 14:56 WIB

Aktivis Asal AS Diduga DIbunuh oleh Sniper Israel

Aysenur Ezgi Eygi mengalami luka parah di bagian kepala.

Rep: Antara/Teguh/ Red: Teguh Firmansyah
Ay?enur Ezgi Eygi,  aktivis Turki-AS yang dibunuh pasukan Israel di Tepi Barat, Jumat (6/9/2024).
Foto: X
Ay?enur Ezgi Eygi, aktivis Turki-AS yang dibunuh pasukan Israel di Tepi Barat, Jumat (6/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Tim dokter Palestina akan mengotopsi Aysenur Ezgi Eygi, pegiat HAM berkewarganegaraan Amerika Serikat dan Turki yang tewas di Tepi Barat. Korban dicurigai dibunuh oleh penembak jitu Israel. Demikian disampaikan sumber tingkat tinggi di Kementerian Luar Negeri Turki kepada Sputnik.

"Menurut informasi yang diberikan Otoritas Palestina kepada konsulat jenderal kami di Yerusalem, Aysenur Ezgi Eygi mungkin sengaja dibunuh oleh penembak jitu," kata sumber tersebut.

Baca Juga

"Otoritas Palestina mencatat bahwa jurnalis Shireen Abu Akleh dibunuh dengan cara serupa pada 2022. Oleh karena itu, para dokter Palestina juga akan melakukan otopsi. Mereka yakin jenis peluru itu peluru tajam, bukan peluru karet," katanya menambahkan.

Sebelumnya pada Jumat (6/9), Kantor Berita Palestina WAFA melaporkan bahwa aktivis hak azasi manusia (HAM) Amerika keturunan Turki itu meninggal karena luka yang dideritanya dalam bentrokan dengan pasukan Israel selama demonstrasi di Tepi Barat.

Departemen Luar Negeri AS mengonfirmasi kepada Sputnik bahwa Eygi meninggal secara tragis.

Informasi resmi mengenai kematian wanita tersebut masih belum diketahui, tetapi Kementerian Luar Negeri Turki menuduh militer Israel membunuh wargany.S ementara itu, PBB telah menyerukan penyelidikan atas kematian aktivis tersebut.

Dibunuh saat protes 

Aysenur Ezgi Eygi, 26, meninggal karena luka-lukanya setelah berpartisipasi dalam protes terhadap perluasan permukiman ilegal Israel di kota Beita, selatan Nablus.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement