Jumat 06 Sep 2024 12:55 WIB

Imbangi Saudi, Timnas Indonesia Loncat ke Posisi 131 Dunia

Peringkat Timnas Indonesia terus melonjak belakangan.

Rep: Fitriyanto/ Red: Fitriyan Zamzami
Pesepak bola Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Arab Saudi dalam laga di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (6/9/2024) dini hari.
Foto: Dok PSSI
Pesepak bola Timnas Indonesia merayakan gol ke gawang Arab Saudi dalam laga di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, Arab Saudi, Jumat (6/9/2024) dini hari.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selepas menahan imbang 1-1, Arab Saudi Timnas Indonesia bukan hanya memeroleh satu poin penting di Grup C Babak Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Secara peringkat pun tim asuhan Shin Tae-yong mampu meningkat.

Sebelum laga semalam, Indonesia berada di peringkat 134. Namun, berkat hasil imbang ini, Timnas Indonesia diprediksi akan mengalami lonjakan signifikan dalam ranking FIFA.

Baca Juga

Menurut data Indonesia diperkirakan akan mendapatkan tambahan 6,88 poin dari hasil pertandingan ini. Dengan tambahan poin tersebut, Timnas Indonesia, yang kini mengoleksi 1.115,61 poin, diprediksi akan merangsek naik tiga peringkat ke posisi 131. Sementara Arab Saudi tetap di posisi 56 dunia.

Ini lonjakan kesekian kalinya Timnas dalam beberapa waktu terakhir. Pada Mei lalu Timnas mengalami lonjakan peringkat tertinggi dalam daftar FIFA. Dua kemenangan back to back atas Vietnam membuat Skuad Garuda mengalami lonjakan 8 tingkat dari posisi 142 ke peringkat 134 dunia saat ini.

Pada laga yang berlangsung Jumat (6/9/2024) dini hari WIB di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, itu, Indonesia mencetak gol terlebih dahulu melalui Ragnar Oratmangoen pada menit ke -19 sebelum dibalas Arab Saudi melalui Musab Aljuwayr menit 45+3.

Timnas Indonesia akan menjamu Australia di kandang sendiri, Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada Selasa (10/9/2024). Pertandingan ini akan menjadi ujian besar dalam melanjutkan momentum positif mereka.

Grup C dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 terdiri dari Arab Saudi, Jepang, Australia, Bahrain, dan China. Dua peringkat teratas grup lolos langsung ke Piala Dunia 2026 yang akan digelar di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada pada 11 Juni-19 Juli 2026. 

Kepercayaan diri... baca halaman selanjutnya

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement