Senin 02 Sep 2024 00:01 WIB

Liverpool Permalukan Manchester United di Old Trafford

Liverpool menaklukkan MU 3-0 lewat dua gol Luis Diaz dan satu Mohamed Salah.

Luis Diaz dari Liverpool (kedua kiri) mencetak gol pembuka timnya dalam pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris kontra Manchester United di Old Trafford, Manchester, Ahad 1 September 2024.
Foto: AP Photo/Dave Thompson
Luis Diaz dari Liverpool (kedua kiri) mencetak gol pembuka timnya dalam pertandingan sepak bola Liga Primer Inggris kontra Manchester United di Old Trafford, Manchester, Ahad 1 September 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Liverpool mencetak kemenangan sensasional di kandang Manchester United (MU). The Reds menaklukkan MU 3-0 lewat permainan cantik di Old Trafford, Manchester, Ahad (1/9/2024).

Tiga gol Liverpool datang dari Luis Diaz yang mencetak brace pada babak pertama. Mohamed Salah, yang mengkreasi dua gol Diaz, kemudian mencatatkan namanya di papan skor pada babak kedua.

Baca Juga

Liverpool naik ke posisi kedua klasemen dengan nilai sempurna sembilan dari dua laga. Koleksi nilai the Reds sama dengan pemuncak klasemen Manchester City.

Sementara MU terperosok di posisi 14 dengan nilai tiga dari tiga laga. MU sebelumnya menelan kekalahan dari Brighton and Hove Albion 1-2 sebelum dipermak Liverpool.  

Jalannya Laga

Sejak awal, Liverpool memegang kendali pertandingan. Permainan menekan yang diperagakan oleh skuad asuhan Arne Slot membuat kesulitan para penggawa Setan Merah.

Kesalahan kerap terjadi. Beruntung, MU tak kebobolan. Ini merisaukan pelatih Erik ten Hag yang beberapa kali tampak memberikan instruksi bagi lini belakangnya.

Duel sesama pelatih Belanda ini dimenangkan Arne Slot, setidaknya untuk babak pertama. Casemiro yang sebelumnya sudah membuat beberapa kesalahan akhirnya membuat blunder fatal pada menit ke-35. Tanpa tekanan, pemain Brasil ini memberikan bola begitu saja kepada Ryan Gravenberch, yang tanpa berlama-lama menyodorkan si kulit bundar kepada Salah di sayap kanan.

Salah langsung mengangkat bola mengarah ke tiang jauh. Dominik Szoboszlai menunduk untuk memberikan kesempatan bagi Diaz yang dalam posisi lebih baik untuk mencetak gol. Diaz pun tak menyiakannya lewat tandukan yang tak bisa dicegah oleh Andre Onana.

Tujuh menit berselang, gawang Onana kembali kebobolan. Casemiro kembali jadi pesakitan. Berawal dari pergerakan Diaz merebut bola dari Casemiro, ia mengoper bola kepada Salah.

Salah mengoper bola dari sisi kanan kepada Diaz, yang menyambutnya dengan kaki bagian luar, mengarahkan bola ke sudut kanan bawah dengan penyelesaian sempurna. Onana tak mampu berbuat apa-apa. Keunggulan dua gol ini dibawa Liverpool ke kamar ganti Stadion Old Trafford.

Memasuki babak kedua, Ten Hag menarik Casemiro dan memasukkan Tobias Collyer untuk memberikan kekuatan di tengah. Namun MU tetap kebobolan, kali ini oleh Salah pada menit ke-56.

Berawal dari Kobbie Mainoo yang kehilangan bola setelah mendapat tekanan dari Alexis MacAllister. Dominik Szoboszlai kemudian memberi umpan kepada Salah, yang menendang bola melewati Andre Onana di tiang dekat.

Gol ini menjadikan Salah sebagai hantu bagi MU di kandang sendiri. Untuk pertandingan ketujuh berturut-turut dia menjebol gawang MU di Old Traffrod.

MU tampaknya akan kalah telak. Namun gol Salah ini seolah menyadarkan para pemain Setan Merah yang mulai bisa memberikan tekanan. Hanya, peluang yang mereka upayakan gagal dimaksimalkan. Salah satunya tendangan akrobatik Lisandro Martinez mendapatkan umpan lambung dari Marcus Rashford.

Sebaliknya, Liverpool juga punya peluang lainnya. Hanya, kali ini kesempatan-kesempatan itu gagal berbuah gol tambahan. Skor 3-0 menjadi penutup akhir laga. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement