Jumat 30 Aug 2024 16:46 WIB

Artikel Ilmiah Hasil Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa UNM Terbit di Jurnal Terakreditasi

Kolaborasi dosen dan mahasiswa jadi langkah strategis dalam mengasah kemampuan riset.

Kelompok riset yang melibatkan dosen dan mahasiswa Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil mempublikasikan artikel ilmiah yang terindeks dalam Science and Technology Index (SINTA) 5.
Foto: Dok Republika
Kelompok riset yang melibatkan dosen dan mahasiswa Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil mempublikasikan artikel ilmiah yang terindeks dalam Science and Technology Index (SINTA) 5.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelompok riset yang melibatkan dosen dan mahasiswa Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) berhasil mempublikasikan artikel ilmiah yang terindeks dalam Science and Technology Index (SINTA) 5. Kerja sama yang solid antara dosen dan mahasiswa ini menunjukkan dedikasi tinggi dalam pengembangan riset, yang tidak hanya meningkatkan reputasi Universitas Nusa Mandiri sebagai lembaga pendidikan terkemuka, tetapi juga memberikan dorongan bagi komunitas akademik lainnya untuk terus berinovasi dan berkarya.

Tim riset ini sukses menghasilkan artikel berjudul “Fasilitas dan Pelayanan Berkualitas: Fondasi Kepuasan Pelanggan PT Kramat Djati Asri Sejati” yang mengeksplorasi faktor-faktor kunci seperti fasilitas dan layanan prima dalam meningkatkan kepuasan pelanggan pada pilihan moda transportasi. 

Baca Juga

Muhammad Abdullah selaku dosen pembimbing penelitian ini menegaskan bahwa kolaborasi antara dosen dan mahasiswa ini adalah langkah strategis dalam mengasah kemampuan riset dan inovasi mahasiswa. 

“Kami berharap publikasi ini akan menjadi acuan penting bagi penelitian mendatang di bidang transportasi, terutama dalam upaya meningkatkan kepuasan pelanggan,” terang Abdullah dalam rilis yang diterima, Jumat (30/8/2024).

Pada kesempatan ini, Rippana Elsandi selaku perwakilan mahasiswa dalam kelompok riset ini mengungkapkan bahwa dengan adanya kegiatan kolaborasi antara dosen dengan mahasiswa, penelitian ini menjadikan sebuah kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa dan juga dapat menilai aspek keaktifan mahasiwa. 

“Dengan mengeksplorasi peran fasilitas dan pelayanan berkualitas untuk pondasi kepuasan pelanggan, maka riset ini memberikan wawasan tentang bagaimana fasilitas dan pelayanan yang ada saat ini berfungsi dan apa yang perlu ditingkatkan,” katanya. 

Elsandi menyampaikan hasil riset dapat digunakan untuk merancang maupun meningkakan fasilitas serta pelayanan guna memenuhi ekspektasi dan kebutuhan pelanggan. 

“Adanya penelitian ini juga menjadikan mahasiswa tahu seberapa pentingnya aspek fasilitas dan pelayanan dalam perusahaan jasa terutama dalam perusahaan transportasi,” ujarnya.

Sementara itu, Instianti Elyana selaku ketua Program Studi Manajemen menyampaikan penelitian telah memperkuat kemampuan analisis kritis mahasiswa serta keterampilan dalam mempraktikan metodologi penelitian. 

“Dosen dapat membimbing mahasiswa dalam mengaplikasikan berbagai teknik analisis data untuk mengukur hubungan antara variabel-variabel yang diteliti dan melalui pembuktian secara ilmiah. Melalui penelitian ini, mahasiswa dapat memperoleh wawasan praktis tentang bagaimana fasilitas dan pelayanan dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan dan loyalitas dari suatu bisnis yang bergerak di bidang transportasi,” tegas Elyana.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement