Jumat 30 Aug 2024 13:32 WIB

Sebulan Haniyeh Dibunuh, Kenapa Iran tak Jua Balas Israel? Ini Tiga Alasan Menurut Analis

Iran sebelumnya berulangkali menyatakan akan membalas pembunuhan Ismali Haniyeh.n

Pertemuan terakhir Ismail Haniyeh dan Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei
Foto:

Pengerahan aset militer tambahan AS baru-baru ini di dekat Iran juga tampaknya telah menghalangi Teheran. 

Iran sebelumnya telah menunjukkan keengganan yang kuat untuk berperang dengan AS. Contoh utama dari hal ini adalah pascapembunuhan komandan Pasukan Quds Iran Qassem Soleimani oleh AS pada tahun 2020. Meskipun Soleimani penting, respons Iran terukur, yang bertujuan untuk menghindari perang habis-habisan dengan AS.

Pertimbangan kedua mengapa belum serang Zionis, adalah upaya yang sedang berlangsung untuk merundingkan gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Gaza. Iran kemungkinan besar tidak ingin mengambil tindakan apa pun yang dapat disalahkan karena menggagalkan perundingan ini. Iran berupaya menghindari dianggap sebagai perusak di komunitas internasional.

Faktor ketiga, Iran juga sangat menyadari pemilihan presiden AS yang akan datang pada bulan November. Rezim Iran sangat berhati-hati untuk tidak mengambil langkah apa pun yang dapat meningkatkan peluang mantan Presiden Donald Trump, yang pemerintahannya mengambil sikap yang jauh lebih agresif terhadap Iran dibandingkan dengan pemerintahan Joe Biden.

“Perang dengan Israel akan menyeret AS ke dalam konflik yang lebih besar, yang mungkin merugikan peluang Kamala Harris dalam pemilu November. Republik Islam akan melakukan apa pun untuk menghentikan Trump terpilih lagi,” Saeid Golkar, seorang profesor Ilmu Politik di Universitas Tennessee di Chattanooga dan penasihat senior di United Against Nuclear Iran, mengatakan kepada Al Arabiya English.

Terlepas dari pertimbangan-pertimbangan ini, Iran pada akhirnya mungkin merasa terdorong untuk menanggapi Israel karena rasa malu yang besar karena sekutunya dibunuh di wilayahnya sendiri.

Respons terhadap Israel ini mungkin tidak selalu melibatkan serangan rudal dan drone langsung seperti yang terjadi pada bulan April, namun dapat juga diukur dan dikirim melalui telegram terlebih dahulu untuk meminimalkan kerusakan, sehingga menghindari eskalasi lebih lanjut.

Dilema utama yang dihadapi Teheran adalah bagaimana merancang respons yang dapat menghalangi agresi Israel lebih lanjut tanpa meningkat menjadi perang besar-besaran – sesuatu yang sangat ingin dihindari oleh Iran.

Kepemimpinan di Teheran sedang menghadapi tantangan, berusaha menyeimbangkan harapan para pendukungnya terhadap respons dengan kebutuhan untuk menghindari konflik yang bisa lepas kendali.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement