Rabu 28 Aug 2024 05:25 WIB

PKS Jelaskan Dewan Pakar yang Mundur 19 Bukan 28 Orang

Irwan menegaskan, kebijakan yang diambil partai berdasarkan pertimbangan matang.

Sejumlah Dewan Pakar menghadiri acara Silaturahmi Presiden PKS dengan Dewan Pakar yang dihadiri lebih 100 anggota di kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2024).
Foto: Republika.co.id
Sejumlah Dewan Pakar menghadiri acara Silaturahmi Presiden PKS dengan Dewan Pakar yang dihadiri lebih 100 anggota di kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Dewan Pakar Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Irwan Prayitno turut mengomentari pengunduran diri sejumlah anggota Dewan Pakar PKS. Dipimpin anggota Dewan Pakar Mayjen (Purn) Soenarko, sebelumnya diklaim jika sebanyak 28 dari 45 Dewan Pakar mengundurkan diri karena menolak kebijakan partai gabung KIM Plus dan mendukung Bobby Nasution di Sumatra Utara (Sumut).

Irwan pun langsung gerak cepat dengan mengadakan acara Silaturahmi Presiden PKS dengan Dewan Pakar yang dihadiri lebih 100 anggota di kantor DPP PKS, Jalan TB Simatupang, Jakarta Selatan, Selasa (27/8/2024).

Baca Juga

Dalam sambutannya, Irwan menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus kepada para anggota Dewan Pakar yang hadir. Apalagi, mereka telah berkontribusi dengan pemikiran dan ide-ide bagi kemajuan PKS.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para Dewan Pakar yang selama ini telah berkontribusi pemikiran untuk memajukan PKS," ujar Irwan dalam siaran pers di Jakarta, Selasa.

Mantan gubernur Sumatra Barat (Sumbar) tersebut menjelaskan, jika Dewan Pakar yang mundur bukan 28 orang, melainkan 19 orang. Irwan pun mengormati 19 anggota Dewan Pakar yang mengungundurkan diri tersebut. Dia juga menyampaikan permintaan maaf apabila selama berada di PKS, terdapat kebijakan dan keputusan politik yang mungkin tidak sejalan dengan pemikiran para anggota Dewan Pakar.

Irwan menegaskan, setiap kebijakan yang diambil partai berdasarkan pertimbangan yang matang, namun tidak menutup kemungkinan ada perbedaan pandangan. "Saya meminta maaf jika selama di PKS ada kebijakan dan keputusan politik yang tidak sesuai dengan pemikiran para Dewan Pakar," ucap Irwan.

Dia pun memberikan apresiasi kepada para anggota yang telah mengundurkan diri dengan cara yang baik. Irwan berharap, hubungan yang baik antara para anggota yang mengundurkan diri dan PKS bisa tetap terjaga. Sama seperti ketika mereka pertama kali bergabung sebagai Dewan Pakar.

"Apresiasi dan hormat kepada para Dewan Pakar yang sudah mengundurkan diri secara baik-baik. Sama ketika masuk sebagai Dewan Pakar secara baik, maka keluarnya juga dengan baik," kata Irwan.

Dalam silaturahim tersebut, Presiden PKS Ahmad Syaikhu secara langsung berdiskusi dan menjelaskan kondisi politik terkini kepada Dewan Pakar yang hadir. Mereka pun menyatakan memahaminya dan siap untuk terus membangun bangsa bersama PKS.

Hingga saat ini, anggota Dewan Pakar PKS yang terdaftar berjumlah 221 orang. Mereka berasal dari berbagai latar belakang, seperti purnawirawan TNI-Polri, akademisi, mantan birokrat, pengusaha, dan para profesional lain.

Serahkan jas dan KTA...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement