Selasa 27 Aug 2024 08:42 WIB

Dukungan Riza-Marshel Dicabut, PKS Usung Kader Sendiri di Pilwalkot Tangsel

DPP PKS menyerahkan surat rekomendasi kepada pasangan Ruhamaben-Shinta.

Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu menyerahkan dukungan kepada pasangan Ruhamaben-Shinta.
Foto: Dok PKS
Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu menyerahkan dukungan kepada pasangan Ruhamaben-Shinta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) resmi memberikan rekomendasi kepada calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang Selatan (Tangsel) kepada Ruhamaben-Shinta. Keputusan itu menarik kembali dukungan yang diberikan kepada pasangan Ahmad Riza Patria-Marshel Widianto.

Selain itu, PKS juga menyerahkan rekomendasi kepada pasangan Ahmad Amarullah-Bonnie Mufidzar sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Tangerang. Presiden DPP PKS Ahmad Syaikhu menyebutkan, partainya mendengarkan aspirasi dari para kader dan masukan publik yang berkembang.

Baca Juga

Hal itu juga lantaran PKS melihat adanya peluang terbuka usai keputusan MK Nomor 50 dan 60 Tahun 2024, serta ditetapkannya PKPU sesuai keputusan MK tersebut. Maka dengan berbagai perkembangan terakhir itu, kata Syaikhu, PKS memutuskan untuk menarik rekomendasi/SK/Form B 1 KWK yg sebelumnya sudah diberikan kepada calon lain.

Selain itu, PKS mengeluarkan dukungan resmi terbaru (SK dan Form B 1 KWK) pada Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Tangsel kepada dua kader PKS yaitu Ruhamaben-Shinta. Pun dukungan diberikan kepada Dr Amarullah selaku rektor Universitas Muhammadiyah Tangerang dan kader PKS Bonnie M untuk maju Pilwakot Tangerang.

"Sebagaimana kita pahami dinamika politik yang luar biasa terjadi akhir-akhir ini adalah bentuk kepedulian kader partai dan publik dalam ruang demokrasi kita. Ada juga keputusan MK serta PKPU terbaru yang diterima oleh DPTP untuk dilaksanakan," ucap Syaikhu di Jakarta, Selasa (27/8/2024).

Menurut dia, PKS sebagai partai politik tunduk patuh pada konstitusi dan menghargai aspirasi kader dan masyarakat. "Sehingga akhirnya DPTP PKS telah menetapkan pasangan calon Ruhamaben-Shinta untuk Pilkada Tangsel dan Amarullah-Bonnie pada Pilkada Tangerang tahun 2024," ucap Syaikhu.

Dia pun menginstruksikan kepada kader, struktur, dan tim pemenangan untuk memenangkan pasangan calon yang diusung PKS pada Pilwakot Tangsel dan Tangerang. Syaikhu menegaskan, keputusan yang diambil diharapkan bisa dimenangkan semata-mata untuk kebaikan rakyat Tangerang dan Tangsel.

"Dan saya instruksikan semua daya yang dimiliki PKS, untuk dimaksimalkan berjuang bersama rakyat dan kandidat memenangkan pasangan calon walikota dan wakil walikota di Tangerang maupun Tangerang," ucap Syaikhu.

Menurut Syaikhu, ada 545 daerah yang menyelenggarakan Pilkada Serentak 2024. Dinamika politik di tingkat nasional amat mungkin berbeda dengan dinamika politik di masing-masing wilayah. Dia menyebut, cairnya kerja sama antarpartai sangat wajar dalam era demokrasi terbuka saat ini.

"Kami menaati dinamika yang ada di MK, dan mengapresiasi masukan dari kader dan dari masyarakat dan memohon doa restu agar aspirasi yang dititipkan kader dan masyarakat lewat PKS bisa sama-sama kita wujudkan dan menangkan pada Pilkada 2024 ini," ucap Syaikhu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement