Sabtu 17 Aug 2024 18:32 WIB

Mahasiswa Universitas BSI Sumbangkan Aplikasi Self Order System ke Restoran Sumur Moonyoo

Aplikasi ini diserahkan secara resmi kepada Nitta selaku Owner Restoran Sumur Moonyoo

Dalam upaya mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk naik kelas, mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali menunjukkan komitmennya dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan.
Foto: Dok Republika
Dalam upaya mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk naik kelas, mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali menunjukkan komitmennya dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUMEDANG -- Dalam upaya mendorong Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk naik kelas, mahasiswa Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kembali menunjukkan komitmennya dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan. Salah satu wujud konkret dari komitmen ini adalah pemberian hibah aplikasi Self Order System kepada Restoran Sumur Moonyoo di Sumedang.

Zulfirman Gherar Fiano, mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas BSI, telah berhasil menyelesaikan proyek pengembangan sistem informasi manajemen restoran dan self order system untuk Restoran Sumur Moonyoo Sumedang. Aplikasi ini diserahkan secara resmi kepada Nitta selaku Owner Restoran Sumur Moonyoo. 

Baca Juga

Zulfirman menjelaskan bahwa proyek ini merupakan hasil dari sinergi yang baik antara Universitas BSI dan Restoran Sumur Moonyoo Sumedang. "Kerja sama ini memberikan wadah bagi kami, para mahasiswa, untuk mengimplementasikan ilmu yang telah kami peroleh secara langsung dalam dunia industri," ujarnya dalam keterangan rilis, kamis (8/8/2024). 

Aplikasi yang dikembangkan oleh Zulfirman dilengkapi dengan berbagai fitur unggulan seperti modul poin of sales, manajemen meja, kitchen display, sistem yang user-friendly, serta self order system yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan pemesanan dan pembayaran melalui gadget mereka. 

Menanggapi hal ini, Nitta mengaku sangat bangga dan terkesan dengan dedikasi dan profesionalisme yang ditunjukkan oleh Zulfirman. Menurutnya, Zulfirman tidak hanya menunjukkan kemampuan teknis yang luar biasa, tetapi juga sikap yang kooperatif dan responsif terhadap masukan atau kritikan. 

"Aplikasi Sistem Manajemen Restoran ini sangat membantu operasional restoran kami. Aplikasinya mudah digunakan dan fiturnya sangat membantu, terutama saat restoran ramai. Fitur-fitur seperti modul poin of sales, manajemen meja, dan kitchen display mempermudah kami dalam mengelola pesanan dan meningkatkan pelayanan kepada pelanggan," ujar Nitta. 

Proses perancangan aplikasi ini dibimbing intensif oleh Ali Haidir, selaku dosen pembimbing. Ali berharap aplikasi ini dapat menjadi solusi optimal dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional sehari-hari serta meningkatkan pelayanan kepada pelanggan di Restoran Sumur Moonyoo Sumedang.

"Saya bangga atas capaian Zulfirman dalam menyelesaikan proyek ini, yang menunjukkan kesiapan mahasiswa untuk berkarya di dunia industri yang dinamis. Saya berharap proyek ini dapat menjadi langkah awal bagi mahasiswa dalam memberikan kontribusi lebih besar kepada masyarakat," ungkap Ali. 

Universitas BSI berkomitmen untuk terus mendukung pengembangan UMKM melalui inovasi teknologi dan pemberdayaan sumber daya manusia yang kompeten. Keberhasilan Zulfirman diharapkan dapat menginspirasi mahasiswa lain untuk terus berprestasi dan memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat luas. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement