Selasa 13 Aug 2024 08:39 WIB

Bintang Real Madrid Vinicius Junior Terbuka untuk Tawaran Rp 17 Triliun dari Arab Saudi

Arab Saudi bersedia membayar Vinicius Rp 3,5 triliun per musim.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Vinicius Junior dari Real Madrid (kanan)
Foto: AP
Vinicius Junior dari Real Madrid (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyerang Real Madrid dan Brasil Vinicius Jr terbuka terhadap tawaran lebih dari satu miliar euro atau sekira Rp 17 Triliun dari Arab Saudi, kata sumber yang dekat dengan pemain tersebut kepada Reuters, Senin (12/8/2024).

Vinicius, 24, didekati oleh pejabat Dana Investasi Publik Saudi (PIF) untuk menanyakan minatnya pindah ke Liga Pro Saudi (SPL) dengan kontrak lima tahun senilai sekitar 200 juta euro atau sekira Rp 3,5 triliun per musim, ditambah bonus.

Baca Juga

Paket tersebut juga akan mencakup kontrak 10 tahun terpisah untuk menjadi duta Piala Dunia 2034, yang akan diadakan di negara tersebut. Namun persyaratan dan angka finansialnya belum dibahas.

Meski tawaran resmi dan formal belum diajukan, Vinicius belum menampik langkah tersebut dan memberikan izin kepada PIF untuk mendekati Real Madrid.

Meski “senang dan termotivasi” di ibu kota Spanyol, Vinicius dan perwakilannya percaya bahwa tawaran menggiurkan seperti ini perlu dipelajari dengan cermat.

Sumber lain yang dekat dengan pemain tersebut mengatakan bahwa Real tidak menunjukkan minat untuk menegosiasikan transfer, dan menyoroti klausul pembelian pemain sebesar satu miliar euro.

Real Madrid dan PIF tidak menanggapi permintaan komentar.

Kerajaan Arab Saudi tampaknya belum mengetatkan anggaran dalam mengembangkan olahraga, khususnya sepak bola. Mereka mengumumkan Proyek Investasi dan Privatisasi Klub Olahraga, dengan PIF mengambil kepemilikan 75 persen dari empat klub utama negara tersebut, Al Ahli, Al Ittihad, Al Hilal, dan Al Nassr.

Transfer terbesar Saudi datang dari klub tersukses di negara itu, Al Hilal, yang menghabiskan 90 juta euro atau sekira Rp 1,6 triliun untuk membeli penyerang Neymar dari Paris St Germain.

Dengan Karim Benzema di Al Ittihad dan Cristiano Ronaldo di Al Nassr, PIF mencoba membujuk kapten Prancis Kylian Mbappe untuk menjadi nama besar yang masih dirindukan Al Ahli tahun lalu.

Namun sang penyerang menolak tawaran menguntungkan dari Saudi dan bergabung dengan Real Madrid pada bulan Juni.

Proposal untuk Vinicius diyakini mirip dengan tawaran Mbappe. Pemain Brasil itu akan bergabung dengan Al Ahli, bekerja sama dengan mantan pemain Liga Primer Riyad Mahrez dan Roberto Firmino.

Vinicius, yang terikat kontrak hingga 2027 setelah menandatangani perpanjangan pada tahun 2022, merupakan salah satu kandidat untuk memenangkan penghargaan Ballon d'Or sebagai pemain terbaik dunia setelah membantu Real meraih gelar ganda di Liga Champions dan La Liga musim lalu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement