Rabu 07 Aug 2024 19:06 WIB

Jadwal Kompetisi Pasti dan Izin Mudah, Dewa United Optimistis Level Liga 1 Meningkat

Dewa United percaya industri sepak bola Indonesia akan semakin membaik.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
CEO Dewa United FC Ardian Satya Negara.
Foto: Republika/Afrizal Rosikhul Ilmi
CEO Dewa United FC Ardian Satya Negara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BRI Liga 1 musim 2024/2025 akan segera digelar. Rencananya kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air akan berlangsung Jumat (9/8/2024) mempertemukan juara Liga 1 Persib Bandung melawan juara Liga 2 PSBS Biak sebagai laga pembuka.

Ada sejumlah terobosan baru pada Liga musim ini. Ada empat hal yang menjadi sorotan, yakni jadwal kompetisi yang pasti, ⁠perizinan yang mudah, ⁠wasit yang fair, serta implementasi penggunaan VAR setiap pertandingan.

Baca Juga

Presiden klub Dewa United Ardian Satya Negara optimistis terobosan dari PSSI mampu meningkatkan kualitas pertandingan seta dapat meningkatkan level Liga 1 di pentas internasional.

"Apa yang dilakukan Ketua Umum PSSI Erick Thohir untuk memperbaiki kualitas liga sudah sangat bagus. Jadwal kompetisi menjadi lebih pasti, perizinan yang mudah, wasit yang fair, serta penggunaan VAR," ujar Ardian ketika dihubungi Rabu (7/2024).

Apalagi nanti akan ada wasit asing yang memimpin Liga 1. Ia menilai, dengan wasit asing kualitas akan lebih baik. Ditambah ada aturan hanya kapten saja yang bisa protes ke wasit.

"Dengan satu pemain saja yang boleh protes ke wasit, yakni kapten tim tentunya membuat suasana bisa lebih tenang dan tidak memancing kondisi di lapangan memanas," ungkapnya.

Penggunaan VAR pun menurut Ardian akan membantu pertandingan berjalan lebih kondusif, "Penggunaan VAR akan mempermudah kinerja wasit jika ada protes ataupun salah mengambil keputusan."

Dewa United siap menerapkan penggunaan VAR dalam pertandingan Liga 1 musim ini. "Klub pastinya siap, ini pastinya akan baik untuk klub. Jika klub dan liga sudah baik, maka industri sepak bola di Indonesia juga akan lebih baik lagi," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement