Ahad 04 Aug 2024 22:03 WIB

Kapankah Iran akan Serang Israel Balas Kematian Haniyeh? Ini Prediksi Media Barat

Iran berjanji akan lakukan serangan membalas kematian Ismail Haniyeh

Iran berjanji akan lakukan serangan membalas kematian Ismail Haniyeh
Foto: IRAN'S SUPREME LEADER OFFICE
Iran berjanji akan lakukan serangan membalas kematian Ismail Haniyeh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Para pemimpin Hizbullah Iran dan Lebanon telah bersumpah untuk membalas dendam terhadap Israel menyusul pembunuhan Kepala Biro Politik Hamas Ismail Haniyeh di Teheran dan pembunuhan komandan Hizbullah Fouad Shukr dalam sebuah serangan di pinggiran selatan Beirut.

Lantas kapankah serangan balasan itu akan terjadi? Sejumlah prediksi pun muncul. Mengutip Axios, Sumber-sumber Amerika Serikat dan Israel memperkirakan Iran akan melakukan serangan terhadap Israel mulai Senin (4/8/2024) besok, bertepatan dengan kunjungan komandan militer Amerika Serikat ke wilayah tersebut untuk menggalang koalisi pertahanan Israel, demikian menurut Axios.

Baca Juga

Axios melaporkan bahwa tiga pejabat Amerika Serikat dan Israel mengatakan bahwa mereka memperkirakan Iran akan segera menyerang Israel, mungkin paling cepat besok, Senin.

Dia mencatat bahwa pemerintah Amerika Serikat memperkirakan respons Iran akan serupa dengan serangan yang dilakukan oleh Teheran yang menargetkan Israel dengan rudal dan pawai pada tanggal 13 April, tetapi mungkin akan lebih besar cakupannya dan dapat mencakup operasi dari Hizbullah di Lebanon.

Para pejabat Amerika Serikat dan Israel tidak mengetahui apakah Iran dan Hizbullah akan meluncurkan serangan terkoordinasi atau beroperasi secara terpisah, kata situs web tersebut.

Mereka menambahkan bahwa mereka yakin Iran dan Hizbullah masih bekerja untuk menyelesaikan rencana militer mereka dan menyetujuinya di tingkat politik.

Di New York, juru bicara Perwakilan Tetap Iran untuk PBB memperkirakan bahwa Hizbullah akan mengubah "batas-batas serangannya" terhadap Israel.

Hizbullah sejauh ini mematuhi batas-batas tertentu dalam operasi militernya dan memprioritaskan situs-situs militer, tetapi mungkin akan memilih target yang lebih luas dan lebih dalam, dan serangannya mungkin tidak terbatas pada target dan sarana militer saja, kata juru bicara itu kepada CBS.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Lloyd Austin sebelumnya telah mengumumkan pergerakan kapal induk Abraham Lincoln ke Mediterania timur dan pengerahan skuadron jet tempur F-22, bergabung dengan USS Roosevelt di Samudera Hindia dekat Laut Arab dan sejumlah kapal perusak yang dikerahkan di lepas pantai Israel.

Axios mengutip seorang pejabat Amerika Serikat yang mengatakan bahwa pengumuman Washington untuk meningkatkan kehadiran militernya di wilayah tersebut dengan harapan bahwa hal itu akan membantu menghalangi Iran dan Hizbullah dan mempengaruhi rencana militer mereka.

Sehubungan dengan meningkatnya ketegangan di wilayah tersebut, Jenderal Michael Corella, kepala pasukan Amerika Serikat di Timur Tengah, telah memulai kunjungan ke beberapa negara Teluk selain Yordania dan Israel.

Axios melaporkan bahwa kunjungan Corella telah diprogram sebelum perkembangan terakhir, tetapi ia akan mencoba untuk menggunakannya untuk memobilisasi koalisi internasional dan regional yang sama yang membela Israel terhadap serangan Iran pada 13 April lalu.

Situs web tersebut mencatat bahwa Yordania akan menjadi perhentian utama dalam perjalanan Corella, mengingat peran yang dimainkan Amman selama serangan 13 April dengan mencegat pesawat tak berawak Iran yang memasuki wilayahnya menuju Israel dan mengizinkan pesawat Amerika Serikat dan Israel menggunakan wilayah udaranya untuk menghadang serangan Iran. Menurut Axios, Washington berharap sikap yang sama dari Yordania akan terulang jika Israel diserang lagi

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement