Ahad 28 Jul 2024 10:58 WIB

Bertemu Prabowo dan Erick Thohir, Ini Janji Presiden FIFA untuk Sepak Bola Indonesia

Presiden FIFA siap terus mendukung kemajuan sepak bola Indonesia.

Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino di Paris, Prancis, Sabtu (27/7/2024). Infantino berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan sepak bola Indonesia.
Foto: FIFA
Presiden terpilih Prabowo Subianto bertemu Presiden FIFA Gianni Infantino di Paris, Prancis, Sabtu (27/7/2024). Infantino berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan sepak bola Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, PARIS — Presiden FIFA Gianni Infantino melakukan pertemuan dengan presiden terpilih Prabowo Subianto di Paris, Prancis, Sabtu (27/7/2024). Dalam pertemuan yang juga dihadiri Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Menpora Dito Ariotedjo, Infantino menegaskan komitmennya untuk terus mendukung kemajuan sepak bola Indonesia.

FIFA dalam laman resminya menyatakan salah satu topik yang dibahas dalam pertemuan itu mengenai kerja sama erat yang telah dibangun PSSI dan FIFA untuk sepak bola Indonesia.

“Kami membahas hubungan kerja sama yang luar biasa antara FIFA dengan Indonesia dan PSSI. Kami juga membahas perkembangan luar biasa yang telah dicapai negaranya yang indah dalam beberapa waktu terakhir. Kami turut mendiskusikan tentang peningkatan popularitas sepak bola di kalangan generasi muda,” kata Infantino dikutip dari laman resmi FIFA, Ahad (28/7/2024).

Infantino mengatakan FIFA siap untuk terus berkolaborasi dan memajukan sepak bola Indonesia. “Saya mengatakan kepada presiden terpilih Prabowo bahwa dia dapat mengandalkan FIFA untuk membantu Indonesia mewujudkan potensi sepak bola Indonesia yang besar dan saya berharap dapat bekerja sama dengannya di masa depan,” kata Infantino.

Infantino dalam pertemuan itu mengapresiasi kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023, yang merupakan turnamen FIFA pertama di Indonesia. Infantino merasa terkesan dengan sambutan dan antusiasme masyarakat Indonesia atas penyelenggaraan Piala Dunia U-17 2023.

“Indonesia adalah tuan rumah Piala Dunia U-17 yang luar biasa tahun lalu dan semua orang yang berkunjung, termasuk saya, terkesan dengan kehangatan dan keramahtamahannya. Ini menunjukkan masyarakat Indonesia hidup dan bernafas dengan sepak bola,” kata Infantino.

Di bawah kepemimpinan Ketua Umum PSSI Erick Thohir, PSSI dan FIFA memiliki kerja sama yang erat. Pada hari pembukaan Piala Dunia U-17 FIFA 2023,  misalnya, Presiden FIFA dan Erick Thohir membuka kantor regional baru FIFA di Jakarta.

Selain itu, FIFA membantu Indonesia untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan stadion sebagai pilar utama transformasi sepak bola Indonesia. 

Sebagai bagian dari inisiatif ini, tim khusus FIFA mengunjungi delapan stadion antara 20-25 Mei 2024 di empat provinsi.

Bukan hanya itu, FIFA melalui program FIFA Forward mendanai pembangunan pusat pelatihan sepak bola nasional di Ibu Kota Nusantara. Training center di IKN rencananya akan diresmikan pada Agustus 2024, yang meliputi pembangunan lapangan rumput alami, lapangan rumput sintetis, asrama, dan ruang ganti.

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement