Senin 22 Jul 2024 13:57 WIB

Disdik Gelar Uji Coba Makan Bergizi Gratis di Jebres, Kota Solo

Anggaran uji coba program makan siang gratis untuk SD dan SMP berasal dari Gibran.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Dian Rineta.
Foto: Republika.co.id
Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo, Dian Rineta.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Uji coba program makan bergizi gratis akan dilangsungkan dua sesi menyasar siswa di Jebres, Kota Solo, Jawa Tengah pada Kamis (25/7/2024). Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Solo akan menggandeng sejumlah usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) untuk menyediakan makanan.

Kepala Disdik Kota Solo, Dian Rineta mengatakan, uji coba makan bergizi gratis sesi pertama akan menyasar siswa sekolah dasar (SD). Adapun sesi kedua menyasar siswa SD serta SMP.

Baca: Dubes Bawa Surat, Prabowo Diundang Pangeran MBS ke Arab Saudi

"Makan siang gratis insya Allah akan diuji coba tanggal 25 Juli. Sementara sesi satu ada tiga sekolah SD, sesi dua akan dilakukan untuk siswa SD dan SMP kapannya belum tahu," katanya saat dihubungi di Kota Solo, Senin (22/7/2024).

Dian mengatakan, uji coba makan bergizi gratis di Kota Solo bakal berlangsung di tiga sekolah. Menurut dia, dipilihnya tiga sekolah di Jebres berdasarkan representasi siswa dari wilayah yang masuk keluarga miskin.

Baca: Mayjen Djaka Budhi Utama Promosi Jadi Irjen Kemenhan

"Tiga sekolah itu di Jabres, di sesi kedua nantinya juga masih sama di Jebres. Tidak ada kriteria untuk sekolah yang disasar, tapi sekolah-sekolah tersebut berdasarkan siswa gakin (keluarga miskin) yang tinggi. Semua ada di sekolah tidak dipilih, misal kalau jumlahnya 200 anak, yang diambil itu semuanya dapat makan siang gratis," katanya.

Dian menjelaskan, Disdik Kota Solo akan melibatkan banyak UMKM dalam uji coba program itu. Dia mengakui, program itu bisa turut menggeliatkan ekonomi masyarakat kelas bawah.

"Banyak UMKM, jadi yang bergeliat banyak, ada UMKM pengantarannya multiplier effect, dari makan siang gratis ini akan terasa. Tidak hanya pendidikan saja yang mendapatkan makan siang gratis, tetapi UMKM bergeliat banyak orang mendapat membantu pengantaran ini benar bisa mengerjakan ekonomi di Solo," ujar Dian.

Baca: Disertasi Kolonel Irhamni: Keberhasilan Intelijen Bentuk Pengabdian Terbaik

Dia memastikan, anggaran dari uji coba program andalan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming tersebut bukan berasal dari APBD. "Yang jelas bukan dari APBD, tapi dari Mas Gibran. Itu dari mana kami tidak terlibat di situnya. Menyediakan lokasinya saja," katanya mengakhiri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement