Jumat 19 Jul 2024 07:26 WIB

Isu Sampah Yogyakarta Turut Jadi Perhatian Kegiatan Fun Bike Sehati untuk Bumi

Diharapkan kesadaran masyarakat akan pengelolaan sampah semakin meningkat.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Fun Bike Sehati untuk Bumi yang digelar oleh KONI DIY berkolaborasi dengan Republika.
Foto: KONI DIY
Fun Bike Sehati untuk Bumi yang digelar oleh KONI DIY berkolaborasi dengan Republika.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA — Isu sampah di DIY menjadi salah satu perhatian dalam kegiatan Fun Bike yang digelar Republika bersama KONI DIY. Dalam kegiatan sepeda santai yang akan digelar pada 20 Juli 2024 di Lapangan Kenari, Kota Yogyakarta ini, juga dilakukan sosialisasi terkait sampah. 

Bidang Kerjasama KONI DIY, Fitri Susanti mengatakan, kegiatan ini akan melibatkan berbagai pihak seperti Dinas Lingkungan dan Kehutanan (DLHK) DIY hingga Pasti Angkut. Nantinya, DLHK DIY akan memberikan sosialisasi dan edukasi terkait sampah yang masih menjadi persoalan besar di DIY.  

“Menjadi misi ‘Sehati untuk Bumi’, kita akan kampanye dan sosialisasi UU Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah. Nanti DLHK akan memberikan sosialisasi, dan penanganan sampah eventnya itu bekerja sama dengan Pasti Angkut,” kata Santi kepada Republika, Kamis (18/7/2024).

Santi menilai, sosialisasi dan edukasi terkait sampah ini penting dilakukan. Melalui kegiatan Fun Bike dengan tema yang diusung yakni ‘Sehati untuk Bumi’, diharapkan kesadaran masyarakat akan pengelolaan sampah semakin meningkat. 

Terlebih, kegiatan ini akan diikuti oleh ribuan peserta nantinya. Dengan masifnya peserta, diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar kaitannya dengan pengelolaan sampah khususnya di DIY.  

“Karena memang isu yang ada di Kota Yogya ini kan perihal sampah, dan timbunan sampah. Itu sebab kami bekerja sama dengan DLHK, karena warga itu tidak tahu mau buang sampah kemana dan mengelola sampahnya. Saya rasa edukasi itu harus terus dilakukan secara masif dan terus menerus,” ungkap Santi. 

Kegiatan Fun Bike digelar sebagai bentuk dukungan bagi para atlet dan kontingen DIY yang berlaga dalam PON XXI Aceh-Sumut 2024. Selain doorprize yang disiapkan panitia, tiap peserta nantinya juga akan diberikan bibit pohon dalam rangka penghijauan lingkungan.  

“Melalui kegiatan Fun Bike ini, kami berharap sedikit atau banyak kontribusi KONI DIY dan Republika bisa bagus untuk masyarakat, terlebih di titik finish peserta juga bisa mendapatkan bibit pohon,” jelasnya. 

Kegiatan Fun Bike 'Sehati untuk Bumi' ini di antaranya disponsori oleh Volta, PT Solusi Bangun Indonesia (Dynamix), Polygon, Mandiri Utama Finance, Dagangan, Kawan Lama Group (ACE), Rumah Zakat, Bea Cukai Yogyakarta, Agung Swalayan, dan masih banyak lagi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement