Rabu 10 Jul 2024 12:36 WIB

Didier Deschamps Gerah Ditanya Masa Depannya Setelah Prancis Tersingkir

Kontrak Deschamps melatih timnas Prancis masih tersisa sampai 2026.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Pelatih Prancis Didier Deschamps.
Foto: AP Photo/Christophe Ena
Pelatih Prancis Didier Deschamps.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Didier Deschamps enggan mendiskusikan masa depannya setelah Prancis gagal mencapai final Euro 2024. Ia bahkan menunjukkan kekecewaan mendapatkan pertanyaan itu dari awak media selepas kekalahan Les Bleus 1-2 dari Spanyol pada semifinal di Allianz Arena, Munchen, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB.

Tim Ayam Jantan unggul lebih dulu dalam pertandingan empat besar melawan Spanyol. Randal Kolo Muani menyundul bola umpan silang Kylian Mbappe saat laga baru berjalan delapan menit. Ini menjadi gol pertama Prancis sepanjang Euro 2024 yang tidak dicetak dari titik penalti atau oleh pemain lawan.

Baca Juga

Namun Prancis tertinggal sebelum pertandingan berjalan setengah jam. Pemain berusia 16 tahun, Lamine Yamal, melepaskan tendangan melengkung yang sensasional dari jarak jauh pada menit ke-21. Dani Olmo kemudian membawa Spanyol unggul emoat menit kemudian.

Perancis tidak dapat menyamakan kedudukan hingga laga berakhir dan Deschamps mendapatkan pertanyaan yang tak terelakkan mengenai masa depannya bersama Prancis.

"Saya baru saja kalah di semifinal. Anda tahu bagaimana Presiden saya berpikir. Mungkin Anda seharusnya tidak mengajukan pertanyaan ini," kata Deschamps dikutip dari Standard.

Sudah hampir 12 tahun Deschamps menangani Prancis sejak pertama kali diangkat. Masa kepelatihannya berjalan sukses. Deschamp membawa negaranya juara Piala Dunia 2018 serta final Euro 2016 dan Piala Dunia 2022 di Qatar. Setelah kekalahan dari Argentina pada final dua tahun lalu, Deschamps menandatangani kontrak baru hingga Juni 2026.

Namun, pelatih berusia 55 tahun itu telah dipaksa untuk mempertahankan gaya permainan tim yang kering gol selama turnamen ini. Seorang jurnalis mengatakan kepadanya sebelum pertandingan semifinal melawan Spanyol bahwa Prancis telah "membosankan". Deschamps juga menanggapinya dengan sedikit amarah.

"Jika Anda merasa bosan, Anda tahu...tontonlah pertandingan lain, tidak apa-apa. Anda tidak harus menonton Prancis, tidak apa-apa. Ini Kejuaraan Eropa, ini sangat sulit bagi semua orang. Tapi saya minta maaf jika orang Swedia mulai bosan dengan sepak bola kami. Itu tidak terlalu mengganggu saya," kata Deschamps.

DI bagian lain, Antoine Griezmann dengan cepat menjelaskan tidak berniat pensiun dari sepak bola internasional. Ia mengungkapkan keinginan untuk terus terlibat bersama Prancis hingga Piala Dunia 2026, meskipun ia tak mencetak satu gol pun di Euro 2024.

"Terserah pelatih untuk memutuskan, tetapi saya selalu ingin [terus bermain]," kata pemain berusia 33 tahun itu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement