Selasa 09 Jul 2024 15:21 WIB

Rabiot Tegaskan Prancis Tetap Butuh Griezmann dan Mbappe

Prancis hanya mencetak tiga gol dari lima laga.

 Kylian Mbappe (kanan) dan Antoine Griezmann
Foto: AP/Thanassis Stavrakis
Kylian Mbappe (kanan) dan Antoine Griezmann

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gelandang timnas Prancis Adrien Rabiot menegaskan, Les Bleus tetap membutuhkan Antoine Griezmann dan Kylian Mbappe untuk menjuarai Euro 2024. Keduanya tidak dalam performa terbaiknya di pesta Eropa empat tahunan sejauh ini.

Rabiot mengatakan, Griezmann dan Mbappe tetap pemain penting dalam skuad Ayam Jantan dan dapat menentukan situasi di lapangan, terlepas performa keduanya yang belum optimal sejauh ini. Ini disampaikan Rabiot menjelang duel Prancis melawan Spanyol di semifinal Piala Eropa 2024 yang berlangsung di Allianz Arena, Munchen, Rabu (10/7/2024) dini hari WIB.

Baca Juga

"Antoine (Griezmann) dan Kylian (Mbappe) sedikit kurang segar tetapi kami di sini untuk mendorong mereka. Kami 100 persen bersama mereka, kami percaya pada mereka, pemain yang kapan saja dapat membuka situasi, yang memiliki sesuatu yang ekstra," kata Rabiot pada jumpa pers, dikutip dari laman resmi sepak bola Prancis, Selasa (9/7/2024).

"Kami akan membutuhkan mereka sampai akhir, terutama untuk mencapai final dan memenangkannya," tambahnya.

Gelandang Juventus itu mengatakan, ia dan rekan-rekan setimnya juga tidak menyangka performa kedua pemain itu menurun di Jerman. Penampilan keduanya berimbas pada ketajaman lini depan Prancis yang hanya mencetak tiga gol dari lima laga. Dua gol datang dari bunuh diri dan satu gol lainnya merupakan penalti yang dicetak Mbappe.

Griezmann dan Mbappe menjadi dua pemain terbaik Prancis saat menjadi finalis Piala Dunia 2022 Qatar, dengan Griezmann mencatatkan tiga assist dan Mbappe yang menyarangkan delapan gol dan dua assist.

"Kami semua terkejut ketika mengetahui kualitasnya, apa dia mampu melakukan apa yang dia capai selama Piala Dunia terakhir di mana dia mungkin pemain terbaik. Saya tidak tahu bagaimana menjelaskannya, dia mungkin kurang fit secara fisik," katanya.

Rabiot mengatakan bekal kekalahan di final Piala Dunia 2022 menurutnya sangat penting membentuk mental Les Blues yang kemudian melaju tanpa terkalahkan dan menjadi juara grup pada babak kualifikasi Euro.

Dengan mayoritas pemain Prancis di Piala Dunia 2022 masih menjadi bagian di skuad Euro, termasuk dirinya, Rabiot ingin mengakhiri Piala Eropa di Jerman ini dengan mengangkat trofi.

"Perjalanan kami sejauh ini tidaklah berarti, kami sangat ingin melakukan sesuatu, untuk mengangkat trofi setelah hampir mencapai target pada tahun 2022," ujar dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement