Kamis 04 Jul 2024 15:08 WIB

Indef: Utang Negara Jadi Isu Strategis yang Banyak Dibahas di Medsos

Isu utang negara periode 15 Juni-1 Juli 2024 di Google Trend capai 218 ribu keywords.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Direktur Pengembangan Big Data Indef Eko Listiyanto dalam diskusi bertema Warisan Utang untuk Pemerintah Mendatang di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).
Foto: Republika.co.id/Eva Rianti
Direktur Pengembangan Big Data Indef Eko Listiyanto dalam diskusi bertema Warisan Utang untuk Pemerintah Mendatang di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Insitute of Development for Economics and Finance (Indef) menggelar survei masyarakat di media sosial (medsos) atau warganet mengenai pembahasan utang negara. Ternyata, utang negara yang meroket pada era Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi isu strategis yang banyak dibahas warganet di medsos.

Mayoritas masyarakat di medsos menyatakan bahwa utang negara menjadi beban bagi rakyat ke depan. Survei tersebut bertajuk 'Dinamika Utang di Era Jokowi' yang dilakukan pada periode 15 Juni-1 Juli 2024.

Survei dilakukan tim Continuum yang merupakan tim data Indef dengan meng-capture fenomena isu di X (sebelumnya Twitter). Selama periode survei tersebut, tercatat ada sebanyak 22.189 perbincangan dan 18.977 akun yang membahas mengenai utang negara.

Baca: PT Freeport Indonesia Beri Hibah Bangun Dermaga Lanal Timika

"Artinya masyarakat di medsos Twitter aware dengan isu utang. Wajar berarti ini menjadi isu yang cukup strategis," kata Direktur Pengembangan Big Data Indef Eko Listiyanto dalam diskusi publik bertema 'Warisan Utang untuk Pemerintah Mendatang' yang digelar di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (4/7/2024).

Eko mengatakan, timnya juga menelisik Google Trends, dan menemukan isu utang negara pada periode 15 Juni-1 Juli 2024 mencapai 218 ribu keywords yang dicari pengguna di Google. Terutama, warganet mencari informasi isu utang negara yang jatuh tempo. "Kami menggambarkan bahwa isu ini strategis baik di dunia nyata maupun maya ya," ujar nya.

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan, menurut Eko, dominan dari para warganet mengungkapkan bahwa utang negara yang kian bertambah menjadi beban bagi rakyat. Hanya secuil warganet yang berpendapat bahwa utang negara memberi dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi karena pelebaran defisit.

Baca: Pangkoarmada I: RI Harus Siaga Jaga Laut China Selatan Stabil

"Sebanyak 79 persen dari 22 ribuan perbincangan itu, rata-rata netizen kompak menganggap kenaikan utang sebagai beban, artinya dengan situasi sekarang dan tahun depan utang jatuh tempo cukup besar jadi konsen pemerintah," ujar Eko.

Meski begitu, tetap ada masyarakat yang tidak mempermasalahkan utang yang melonjak pada era Jokowi. "Tapi ada 21 persen menyatakan menambah utang itu bermanfaat diantaranya untuk pembangunan infrastruktur jalan tol dan sebagainya, sebagai bagian dari memperlebar defisit," jelas Eko.

Jumlah utang negara sejauh ini per Mei 2024 tercatat sebesar Rp 8.353 triliun atau naik Rp 14,59 triliun dibandingkan bulan sebelumnya di angka Rp 8.338 triliun. Angka itu menunjukkan rasio utang Indonesia di angka 38 persen dari produk domestik bruto (PDB). Padahal, saat transisi dari Presiden SBY ke Jokowi pada 2014, jumlah utang di kisaran Rp 2.608 triliun.

Adapun utang jatuh tempo RI pada 2025 sebesar Rp 800 triliun. Tanggungan sebanyak itu menjadi beban bagi pemerintah Prabowo Subianto nantinya, karena ada banyak program yang ingin digulirkan. Di antaranya, proyek lungsuran Presiden Jokowi, yakni Ibu Kota Nusantara (IKN) dan makan bergizi gratis yang memakan ratusan triliun rupiah.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement