Selasa 25 Jun 2024 07:01 WIB

Kisah Pasutri Jamaah Haji AS, Ditemukan Wafat Usai Berjam-jam Berjalan di Terik Matahari

Kelompok tur yang membawa pasutri asal AS dinilai gagal memenuhi kebutuhan seharusnya

Rep: Teguh/ Red: Teguh Firmansyah
Terik panas  Arab Saudi.
Foto:

Dengan persediaan yang terbatas di cuaca panas yang membara, pasangan itu mengatakan kepada Wurie bahwa mereka makan setiap hari dan memastikan tetap terhidrasi. BBC telah menghubungi perusahaan tersebut untuk memberikan komentar.

Dalam pertukaran SMS terakhir – setelah beberapa panggilan tidak terjawab – Wurie mengatakan bahwa orang tuanya memberi tahu bahwa mereka telah berjalan lebih dari dua jam. Segera setelah itu, pejabat konsulat dan anggota grup tur yang sama mengonfirmasi bahwa pasangan tersebut telah meninggal.

Dengan bantuan petugas konsulat, Ms Wurie dapat menentukan pemakaman mana orang tuanya dimakamkan, meskipun mereka belum menentukan lokasi di dalam pemakaman tersebut.

"Mereka tidak memiliki barang-barang pribadinya," katanya. “Ada banyak pertanyaan, dan kita perlu menemukan jawabannya.”

Ms Wurie mengatakan dia berencana melakukan perjalanan ke Arab Saudi untuk mencari di mana orang tuanya dikebumikan.

Dia juga mengatakan kepada BBC bahwa perusahaan tur tersebut mengatakan akan memberikan visa dan registrasi yang tepat untuk perjalanan tersebut, namun gagal melakukannya.

Menurut kantor berita resmi Saudi SPA, sebagian besar jamaah Makkah tidak memiliki izin resmi. Namun, proses mendapatkan izin haji resmi bisa mahal dan rumit.

Haji adalah ziarah tahunan umat Islam ke kota suci Mekkah. Mereka yang mampu secara finansial dan fisik untuk menyelesaikan perjalanan ini diharapkan dapat melakukannya setidaknya sekali dalam seumur hidup mereka.

Arab Saudi mengatakan sekitar 1,8 juta orang mengambil bagian dalam ibadah haji tahun ini.

Menteri Kesehatan Fahd Al-Jalajel mengatakan para pejabat baru-baru ini mulai melakukan upaya untuk meningkatkan kesadaran akan tekanan panas.

Arab Saudi baru-baru ini mendapat kecaman karena tidak membuat ibadah haji lebih aman, terutama bagi jamaah yang tidak terdaftar. Mereka yang tidak memiliki izin yang tepat akan kesulitan melakukannya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement