Rabu 19 Jun 2024 06:23 WIB

Martinez Puji Kedisiplinan Portugal Setelah Menang Tipis Atas Ceko

Portugal memastikan kemenangan lewat gol injury time Francisco Conceicao.

Pemain Portugal Francisco Conceicao (tengah) mencetak gol kedua bagi timnya ke gawang Republik Ceko dalam pertandingan Grup F Euro 2024 di Stadion Leipzig, Leipzig, Jerman, Rabu (19/6/2024) dini hari WIB.
Foto: AP Photo/Ebrahim Noroozi
Pemain Portugal Francisco Conceicao (tengah) mencetak gol kedua bagi timnya ke gawang Republik Ceko dalam pertandingan Grup F Euro 2024 di Stadion Leipzig, Leipzig, Jerman, Rabu (19/6/2024) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, LEIPZIG -- Portugal harus berjuang keras hingga akhir pertandingan untuk mengamankan kemenangan 2-1 atas Republik Ceko dalam pertandingan pembuka mereka di Grup F Euro 2024 pada Rabu (19/6/2024) dini hari WIB. Pelatih Portugal Roberto Martinez memuji kedisiplinan timnya, bahkan setelah tertinggal, dalam laga di Stadion Red Bull Arena, Leipzig ini.

Ceko unggul terlebih dahulu, tetapi Portugal tetap tenang dan tetap berusaha memegang kendali permainan. Gol bunuh diri dan gol dari pemain pengganti Francisco Conceicao pada waktu tambahan akhirnya mengamankan tiga poin dari pertandingan Grup F.

Baca Juga

"Hari ini kami menunjukkan semangat, ya, tetapi juga kedisiplinan yang besar. Kami bermain dan mengendalikan permainan dan kami tidak membiarkan Ceko memanfaatkan gol yang mereka cetak dan ini adalah hal yang paling penting," kata Martinez kepada wartawan dikutip Reuters.

Portugal, kata dia, menunjukkan nilai yang luar biasa dengan menunjukkan kekuatan dari semua pemain dan penjaga gawang. Martinez mengaku perlu berterima kasih kepada para penggemar Portugal. Sebab, atmosfer yang mereka ciptakan membantu Selecao das Quinas memenangi pertandingan ini.

 

Portugal kebobolan lebih dulu dalam dua pertandingan persahabatan tahun ini dan akhirnya kalah. Namun melawan Ceko, mereka menemukan cara untuk bangkit dan meraih kemenangan, berkat pemain terbaik pertandingan Vitinha.

"Ia pemain yang sangat penting di semua pertandingan persahabatan, di dalam dan luar lapangan. Kami memiliki tim yang sangat kompetitif dan penting untuk memiliki pemain seperti Vitinha yang dapat membantu kami mengendalikan permainan," kata Martinez.

"Kami kebobolan, tertinggal satu gol dan tetap memenangkan pertandingan. Kami kalah melawan Slovenia setelah kebobolan gol pertama, Kroasia juga, tetapi hari ini kami menang."

Penyerang Porto Conceicao masuk dari bangku cadangan pada menit ke-90 menggantikan Vitinha, Kurang dari dua menit kemudian, ia memanfaatkan sepenuhnya pertahanan buruk Ceko untuk mencetak gol kemenangan pada injury time laga.

"Francisco adalah contoh terbaik dalam hal ini, ia layak berada di sini dan ia menunjukkan siap membantu tim," kata Martinez.

Martinez memuji Conceicao sebagai pemain yang sangat alami, memiliki insting untuk memaksimalkan kesempatan di kotak penalti. Menurut dia, Conceicao hanya menduplikasi yang telah ia lakukan selama empat bulan terakhir di klubnya.

"Ini tidak mudah, tetapi ia menunjukkan karakter dan harga dirinya karena ia diizinkan berada di sini," kata Martinez memuji.

Portugis mendominasi, baik dalam hal penguasaan bola maupun peluang yang diciptakan. Meskipun mereka hampir dihukum oleh tim Ceko yang tangguh, sang manajer tetap memberikan pujian kepada skuadnya.

"Hari ini segalanya sulit bagi kami, tetapi kami pantas menang. Bagi seorang pelatih nasional, sungguh menakjubkan memiliki sekelompok pemain yang tangguh dan peduli seperti mereka," kata Martinez.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement