Rabu 05 Jun 2024 14:48 WIB

Terungkap Aktor Intelektual Pembunuhan ASN di Arfak, Pelaku adalah Ketua Lembaga Adat

Motif pembunuhan ASN adalah dendam.

Garis Polisi (ilustrasi)
Foto: Antara/Jafkhairi
Garis Polisi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MANOKWARI -- Aparat Kepolisian Resor Kota Manokwari, Papua Barat, mengungkap aktor intelektual kasus pembunuhan berencana terhadap Yahya Sayori, seorang aparatur sipil negara Pemerintah Kabupaten Pegunungan Arfak. Pelaku diketahui pria berinisial SM.

Wakil Kepala Polresta Manokwari Komisaris Polisi Agustina Sineri saat konferensi pers mengungkapkan kasus itu di Mapolres Manokwari, Rabu, mengatakan SM merupakan otak dari pembunuhan berencana dengan menjanjikan pembayaran sejumlah uang kepada para eksekutor.

Baca Juga

Tersangka SM ditangkap Tim Tekab Satuan Reserse Kriminal Polresta Manokwari saat berada di Kampung Ukemboisi, Distrik Tanah Rubuh, pada 29 Mei 2024 sekitar pukul 12.00 WIT. "SM adalah pelaku utama yang menyusun rencana pembunuhan Yahya Sayori," kata Sineri.

Agustina menjelaskan penangkapan SM merupakan pengembangan dari hasil pemeriksaan penyidik kepolisian terhadap lima orang yang telah ditetapkan sebagai tersangka pembunuhan itu, yakni inisial YU, SU, MT, SS, dan NI.

Berdasarkan pengakuan dari SM, pembunuhan tersebut dipengaruhi dendam karena korban Yahya Sayori tidak merealisasikan pemberian hewan ternak babi dan kain timur yang telah dijanjikan sebelumnya. "Motifnya dendam sehingga SM tega membayar beberapa pelaku untuk membunuh korban," ucap Sineri.

Kepala Satuan Reskrim Polresta Manokwari Ajun Komisaris Polisi Raja Putra Napitupulu menambahkan setelah berhasil menangkap enam pelaku pembunuhan, termasuk aktor intelektualnya, jajarannya masih memburu empat orang pelaku lainnya yang terlibat kasus tersebut.

Raja Putra mengatakan pihaknya sudah mengantongi identitas dua dari empat orang pelaku yang masih dalam pengejaran.

"SM yang menjadi otak pembunuhan korban Yahya Sayori juga seorang ASN di Pemkab Manokwari sekaligus Ketua LMA (Lembaga Masyarakat Adat) Pegunungan Arfak," ucap Napitupulu.

 

sumber : Antara

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement