Selasa 04 Jun 2024 15:19 WIB

Puan Harap Pemerintah Jelaskan Alasan Kepala dan Waka Otorita IKN Mundur

Jangan sampai, kata Puan, pengunduran diri membuat investor jadi tidak tertarik IKN.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Ketua DPR RI, Puan Maharani.
Foto: Republiika/Alfian Choir
Ketua DPR RI, Puan Maharani.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPR RI Puan Maharani berharap pemerintah bisa menjelaskan secara transparan soal penyebab mundurnya Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono dan Wakil Kepala (Waka) OIKN Dhony Rahajoe secara berbarengan.

Menurut Puan, penjelasan itu diperlukan, khususnya untuk diketahui para investor yang akan menanamkan modalnya di IKN. Jangan sampai, kata dia, pengunduran diri itu membuat investor menjadi tidak tertarik.

Baca: Kepala Bakamla Dorong Terbentuknya ASEAN Coast Guard

 

"Semoga mundurnya Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN itu tidak menghambat apa yang akan terjadi di kemudian hari," kata Puan di usai memimpin Rapat Paripurna DPR RI di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (4/6/2024).

Selain itu, menurut Puan, pemerintah juga perlu transparan terkait adanya pengunduran diri itu agar pelaksanaan pembangunan Ibu Kota Republik Indonesia yang baru itu bisa tetap berjalan sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Dia juga meminta agar pemerintahan yang sekarang untuk segera berkomunikasi dengan pemerintah selanjutnya.

Hal itu terkait pemilihan Kepala OIKN yang baru secara definitif nantinya. Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengumumkan pengunduran diri Kepala OIKN Bambang Susantono dan Waka OIKN Dhony Rahajoe di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (3/6/2024).

Menindaklanjuti hal itu, kata Pratikno, telah terbit juga Keputusan Presiden (Keppres) yang mengangkat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono sebagai Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN dan Wakil Menteri ATR Raja Juli Antoni sebagai Pelaksana Tugas Wakil Kepala Otorita IKN.

Menaesneg membantah mundurnya Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe berkaitan dengan persiapan rangkaian acara peringatan HUT Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2024. Namun, dia mengaku tidak mengetahui alasan pengunduran diri Dhony Rahajoe dan Bambang Susantono dari Otorita IKN.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement