Ahad 02 Jun 2024 15:12 WIB

Prabowo Bertemu Zelenskyy Bahas Pentingnya Menjaga Perdamaian

Pertemuan Prabowo termasuk membahas situasi di Gaza, Palestina.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Indira Rezkisari
Presiden terpilih RI Prabowo Subianto
Foto: AP Photo/Vincent Thian
Presiden terpilih RI Prabowo Subianto

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Presiden RI Terpilih sekaligus Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. Pertemuan keduanya bertujuan untuk meningkatkan kerja sama pertahanan dan mengatasi isu global yang mendesak.

 

Baca Juga

Pertemuan itu sekaligus menutup serangkaian pertemuan bilateral di Singapura pada Sabtu (1/6/2024). “Salam hangat dan apresiasi kepada Presiden Ukraina atas inisiatif pertemuan hari ini, khususnya untuk membahas persoalan pertahanan," kata Prabowo dalam keterangan pers yang dikutip pada Ahad (2/6/2024). 

 

 

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo terpantau didampingi Asisten Khusus Menhan Sjafrie Sjamsoeddin, serta dua anggota Fraksi Gerindra DPR Sugiono dan Budisatrio Djiwandono.

 

Di tengah tantangan keamanan global dan regional, kedua belah pihak menegaskan pentingnya menjaga perdamaian dan keamanan internasional di tengah terjadinya sejumlah konflik dan ancaman terorisme. Baik Indonesia dan Ukraina sepakat perlunya melakukan dialog damai dan solusi melalui upaya diplomatik.

 

Dalam pertemuan itu, isu kemanusiaan, khususnya situasi di Gaza, Palestina, juga menjadi agenda pembahasan. Indonesia dan Ukraina sama-sama menekankan urgensi memberikan bantuan kemanusiaan dan memastikan akses ke populasi yang terdampak di zona konflik.

 

Kedua negara juga membuka peluang untuk berkolaborasi pada sektor industri pertahanan melalui transfer teknologi. Hal itu menunjukkan keterbukaan antara Indonesia dan Ukraina dalam memperluas kerja sama. Prabowo menyatakan akan memperkuat komitmen Indonesia untuk membangun hubungan pertahanan yang kuat dan saling menguntungkan dengan Ukraina.

 

Dalam kesempatan itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengundang Menhan Prabowo untuk hadir dalam pertemuan perdamaian dunia di Swiss pada 15-16 Juni 2024. Menurut dia, suara perdamaian dari Prabowo yang mewakili negara besar sangat ditunggu. 

 

"Dan tentu saja, kami ingin partisipasi Anda," ucap Zelenskyy kepada Prabowo.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement