Kamis 23 May 2024 21:10 WIB

Benteng Kotano Wuna Dapat Rekor Muri, Dinobatkan Sebagai Benteng Terluas Dunia

Awal dari sebuah kebangkitan orang Muna dalam kompetisi dunia.

Benteng Kotano Wuna, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara meraih rekor MURI, Rabu (22/5/2024).
Foto: Dok. Muri
Benteng Kotano Wuna, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara meraih rekor MURI, Rabu (22/5/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MUNA -- Benteng Kotano Wuna, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara meraih rekor MURI, Rabu (22/5/2024). Benteng kerajaan Muna dinobatkan sebagai benteng terluas di Indonesia dan dunia oleh MURI sebagai salah satu warisan budaya dan sejarah Indonesia yang usianya diperkirakan sudah ratusan tahun.

Penyerahan piagam rekor MURI berlangsung di kantor MURI Jakarta yang diserahkan langsung kepada Perhimpunan Masyarakat Muna Indonesia (PMMI) yang di terima langsung oleh presiden PMMI La Ode Riago. Sejumlah pengurus PMMI dan pemerintah Sulawesi Tenggara turut hadir dalam penyerahan tersebut.

Baca Juga

Presiden PMMI, La Ode Riago mengatakan pencapaian ini bukan akhir, melainkan awal dari sebuah kebangkitan orang Muna dalam kompetisi dunia. Karenanya, Riago mengajak masyarakat Muna menjaganya.

"Untuk itu, marilah kita semua selalu menjaga kebersamaan (KASEISE) Sebagai bentuk Ialegtuka (Pointau) agar keberkahan tanah Muna dari perut bumi tanah Muna WITE BARAKATI, muncul di permukaan," ujar Riago.

Menurut Riago tak ada wilayah yang mencapai kejayaan tanpa persatuan terjalin di masyarakat. Ia mengimbau agar masyarakat Muna menjaga kerukunan.

Sementara itu, Direktur Operasional Muri Yusuf Ngadri menyampaikan bahwa pemberian penghargaan tersebut karena bentuk perlawanan kepada penjajah saat itu.

"Ini adalah sebuah penghargaan dan apresiasi mewakili bangsa Indonesia untuk masyarakat Muna pada mas penjajahan. Bagaimana mereka mendirikan sebuah benteng untuk melawan penjajah," kata Yusuf. 

Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan Kabupaten Muna, Hadi Wahyudi mengaku bangga atas pencapaian tersebut. Ia berterimakasih kepada Muri yang telah menganugerahi benteng tersebut sebagai yang terluas di Dunia.

"Kami sangat senang dan berbaga atas penghargaan dari Muri sebab benteng Kotano Wuna menjadi salah satu cagar budaya kebanggan kami yang memang merupakan benteng pusat pemerintahan yang ada di Muna," kata dia.

Muna dibangun pada masa keemasan raja Muna lakilaponto Raja ke VII. Panjang Benteng kerajaan Muna yang mengelilingi kerajaan Muna mencapai 8 kilometer. Lokasinya berada di atas tebing tinggi dan benteng kerajaan Muna dan telah terverifikasi oleh balai pelestarian cagar budaya Sulawesi Selatan (Wilayah kerja sulawesi selatan, sulawesi tenggara dan sulawesi barat) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Benteng Kerajaan Wuna lebih tua dan lebih luas dari benteng kesultanan Buton. Benteng Kesultanan Buton memiliki panjang 2740 meter, tebal 1 - 2 meter dengan tinggi 2 - 8 meter dan luas 22,8M atau 23,75 Hektar. Sedangkan benteng Kerajaan Wuna lebih panjang dan luas sampai 8,073 km, tinggi 4 meter dan tebal 3 meter.

Untuk dapat melihat benteng kejayaan Kerajaan Wuna hanya berjarak 300 meter dari masjid Wuna ke arah selatan. Benteng kota Wuna ini terletak di antara bukit-bukit, batu di susun rapi menyambungkan antara bukit satu dan bukit lainnya. Karena kondisi topografi dataran kota Wuna berbentuk cekung dengan diapit oleh bukit-bukit.

sumber : Web

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement