Senin 20 May 2024 23:16 WIB

Program Tol Laut Dinilai Dorong Efisiensi dan Pertumbuhan Ekonomi Daerah

Selama 6 tahun, tol laut dinilai mendorong efisiensi dan pertumbuhan ekonomi daerah.

Kapal yang digunakan untuk program tol laut. Selama 6 tahun, tol laut dinilai mendorong efisiensi dan pertumbuhan ekonomi daerah.
Foto: Istimewa
Kapal yang digunakan untuk program tol laut. Selama 6 tahun, tol laut dinilai mendorong efisiensi dan pertumbuhan ekonomi daerah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama enam tahun, program tol laut yang dijalankan oleh PT Djakarta Lloyd (Persero) telah berhasil menjangkau masyarakat di daerah 3TP (terpencil, terluar, tertinggal, dan perbatasan). Berbagai macam barang dikirim dari Pulau Jawa ke berbagai daerah tersebut dengan tujuan untuk mengurangi disparitas harga yang memberatkan masyarakat.

Program ini diharapkan terus berkontribusi dalam menciptakan keseimbangan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah-daerah yang membutuhkan. Sebelum hadirnya Program Tol Laut, distribusi barang ke berbagai daerah di Indonesia, terutama daerah terpencil dan terluar, mengalami berbagai macam kendala.

Biaya logistik yang tinggi, keterbatasan akses, dan keterisolasian wilayah menyebabkan harga barang-barang kebutuhan melambung tinggi dan tidak merata. Kondisi ini menghambat pertumbuhan ekonomi daerah dan mengurangi kesejahteraan masyarakat.

Program ini tidak hanya memberikan dampak positif pada perkembangan daerahdaerah terpencil di Indonesia, sejak peluncuran Program Tol Laut, distribusi barang ke daerahdaerah terpencil menjadi lebih terstruktur dan efisien. Program ini memastikan bahwa kapalkapal kargo yang dioperasikan oleh PT Djakarta Lloyd (Persero) dan juga perusahaan pelayaran operator tol laut lainnya, setidaknya dapat menjangkau wilayah-wilayah yang sebelumnya sulit dijangkau.

 

Dengan adanya program tol laut, harga barang-barang kebutuhan pokok menjadi lebih stabil dan terjangkau, sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

“Program tol laut merupakan wujud kehadiran negara untuk menjaga sustainibilitas logistic nasional dan menekan disparitas harga antara WIB dan WIT. Program ini tidak hanya berdampak kepada peningkatan konektivitas antar wilayah di Indonesia, melainkan juga telah berkontribusi besar dalam mendukung pertumbuhan daerah terutama 3TP di Indonesia. Kami melihat adanya peningkatan efisiensi distribusi dan penurunan biaya logistik yang cukup signifikan dalam hal ini," kata Komisaris PT Djakarta Lloyd (Persero), Robby Kurniawan dalam rilisnya, Senin (20/5/2024).

Robby mengaku optimistis, dengan dukungan Pemerintah melalui Program Tol Laut, PT Djakarta Lloyd (Persero) akan mampu keluar dari masa-masa sulit ini dan kembali berkontribusi secara aktif dalam pembangunan ekonomi nasional.

"Kami berkomitmen penuh untuk terus mendukung programprogram Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan Republik Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan daerah secara luas,” kata dia.

Senada dengan Komisaris Utama PT Djakarta Lloyd (Persero), Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Utara, H. Saifuddin menyatakan, dengan adanya program tol laut, sangat membantu kami dalam menjaga ketersediaan stock terutama bahan pokok dan juga berdampak pada disparitas harga.

"Animo masyarakat terhadap Program Tol Laut sangat positif, meskipun kapasitas program ini masih terbatas. Kami serta para bupati juga menyampaikan apresiasi kepada PT Djakarta Lloyd (Persero) yang terus mendukung program Pemerintah.” H. Saifuddin juga mengharapkan frekuensi, jumlah kapal terus bertambah serta meningkatkan pelayanannya menjadi lebih baik," kata Saifuddin.

PT Djakarta Lloyd (Persero) saat ini tengah menjalani proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) sebagai bagian dari upaya restrukturisasi perusahaan secara menyeluruh. Program Tol Laut telah memberikan dampak positif yang signifikan dalam mendukung keberhasilan proses ini.

Pelaksanaan program penugasan Tol Laut oleh PT Djakarta Lloyd (Persero) tahun ini, telah terbukti memberikan penguatan kepada perusahaan sekaligus meningkatkan kepercayaan publik kepada PT Djakarta Lloyd (Persero) dalam rangka pemenuhan kewajiban-kewajibannya kepada para kreditur.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement