Selasa 07 May 2024 19:04 WIB

PP Muhammadiyah: Jangan Berhenti Bela Palestina!

PP Muhammadiyah rutin menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus raharjo
Gugus Tugas Palestina Aid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Rahmawati Husein.
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Gugus Tugas Palestina Aid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Rahmawati Husein.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Gugus Tugas Palestina Aid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Rahmawati Husein, menyerukan kepada semua pihak untuk tidak berhenti membela Palestina. Tidak hanya bicara, PP Muhammadiyah  juga rutin menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina.

"Muhammadiyah sudah menggelontorkan Rp 15 miliar dari Rp 30 miliar yang tersedia  untuk membantu tidak hanya tanggap darurat, tetapi juga untuk membantu pemberdayaan ekonomi masyarakat Palestina supaya bisa berhadapan dengan pemerintah dan juga rakyat Israel yang selalu menghalang-halangi masyarakat Palestina," kata Rahmawati di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Bantul, Selasa (7/5/2024). 

Baca Juga

Melalui aksi serentak yang dilakukan hari ini, Muhammadiyah mendorong seluruh dunia untuk berkomitmen untuk tidak melupakan Palestina. Sebab menurutnya semakin melupakan Palestina, maka Palestina dan Islam akan hilang di bumi Palestina.

"Bukan hanya persoalan agama, tapi persoalan pembunuhan terencana, genosida yang disahkan, genosida yang dibiarkan oleh dunia. Oleh karena itu, mari bersama membantu Palestina, kita serukan kita bersama-sama. Allahuakbar! Allahuakbar! Allahuakbar! terus membantu Palestina tidak hanya advokasi tetapi perjuangan dilanjutkan dalam segala bentuk," ucapnya. 

Rahmawati mengatakan PP Muhammadiyah dalam membela Palestina rutin menyalurkan bantuan kemanusiaan untuk Palestina. Sejak kepemimpinan Din Syamsudin PP Muhammadiyah menggalang dana setiap tahun.

"Setiap tahun itu menyumbangkan (Rp) 1,5 miliar ke pemerintah Palestina atau melalui UNRWA, yaitu UN yang khusus mengurusi masyarakat palestina," ungkapnya. 

Adapun dana yang dikumpulkan Muhammadiyah berasal dari LazisMu dan masyarakat Muhammadiyah seluruh Indonesia. Sebelumnya, penggalangan dana dikumpulkan dulu melalui kedutaan besar Palestina di Indonesia. Namun mulai tahun kemarin PP Muhammadiyah langsung bermitra dengan sejumlah organisasi lokal Palestina.

"Ada tiga mitra yang kita bantu yang menyalurkan, dan ada satu mitra besar itu dia punya mitra lokal juga, jadi diteruskan, memastikan bantuannya sampai," tutur Wakil Ketua Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) PP Muhammadiyah tersebut.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement