Senin 29 Apr 2024 09:55 WIB

Mahasiswa Universitas BSI Kampus Sukabumi Siap Bersaing di Era Digital

Universitas BSI Sukabumi bekali mahasiswa tentang pengembangan perangkat lunak.

Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi menggelar pelatihan intensif tentang metode pengembangan perangkat lunak terkini.
Foto: Dok. Universitas BSI
Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi menggelar pelatihan intensif tentang metode pengembangan perangkat lunak terkini.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Program Studi Sistem Informasi Akuntansi (SIA) Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi menggelar pelatihan intensif tentang metode pengembangan perangkat lunak terkini, yaitu Scrum. Acara ini diselenggarakan sebagai langkah proaktif dalam meningkatkan kualitas lulusan yang siap bersaing di era digital yang semakin berkembang.

Pelatihan dihadiri Raja Sabaruddin sebagai narasumber, yang merupakan Ketua Program Studi Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI kampus Pontianak. Rachmat Adi Purnama selaku Dekan Fakultas Teknik dan Informatika juga turut hadir dalam acara tersebut.

Baca Juga

Dalam sambutannya, Rachmat menyampaikan tujuan pelatihan ini untuk memberikan pengetahuan tentang metode pengembangan perangkat lunak yang dapat mendukung penelitian atau proyek.

"Kami berharap melalui pelatihan ini, mahasiswa Sistem Informasi Akuntansi Universitas BSI, dapat memahami dan menguasai metode Scrum dengan baik, memberikan mereka keunggulan kompetitif di pasar kerja yang semakin ketat," ujar Rachmat, dikutip dalam keterangan tertulis, Senin (28/4/2024).

Sementara itu, Raja Sabaruddin menjelaskan dalam materinya bahwa metode Scrum merupakan salah satu pendekatan pengelolaan proyek yang populer dalam pengembangan perangkat lunak saat ini. Fokus pada kerja kolaboratif dan fleksibilitas, Scrum memungkinkan tim untuk menghasilkan produk dengan cepat dan responsif terhadap perubahan kebutuhan.

Pelatihan ini membahas konsep dasar Scrum, termasuk pembagian peran dalam tim, proses pengembangan iteratif, dan cara mengelola backlog proyek. Peserta juga mendapatkan kesempatan untuk berlatih langsung dalam simulasi proyek dengan bimbingan langsung dari instruktur yang berpengalaman.

Pelatihan metode Scrum ini diikuti oleh seluruh mahasiswa semester akhir Program Studi SIA Universitas BSI, sebagai bagian dari kurikulum yang diintegrasikan dengan kebutuhan industri. Diharapkan para lulusan Prodi SIA Universitas BSI mampu memberikan kontribusi signifikan dalam menghadapi tantangan transformasi digital di bidang akuntansi dan sistem informasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement