Senin 22 Apr 2024 07:25 WIB

Objek Wisata Pantai Selatan Sukabumi Diserbu Wisatawan Libur Terakhir Lebaran

Peningkatan jumlah wisatawan ke kawasan wisata pantaiterjadi sejak Sabtu (20/4/2024),

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Penjaga pantai mengawasi wisatawan di kawasan Pantai Citepus, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (24/12/2023). Menurut pengelola setempat, jumlah kunjungan wisatawan mengalami peningkatan sebesar 50 persen saat libur Natal dan tahun baru 2024.
Foto: ANTARA FOTO/Henry Purba
Penjaga pantai mengawasi wisatawan di kawasan Pantai Citepus, Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Ahad (24/12/2023). Menurut pengelola setempat, jumlah kunjungan wisatawan mengalami peningkatan sebesar 50 persen saat libur Natal dan tahun baru 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Objek destinasi tujuan wisata (ODTW) di Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, diserbu ribuan wisatawan pada libur terakhir Lebaran 2024 atau Ahad (21/4/2024). Mereka datang dari luar dan dalam Sukabumi.

Berdasarkan pantauan di lokasi, kepadatan wisatawan mulai dari Pantai Cikembang, Karang Haji, Cibangban, hingga Karanghawu. Mayoritas wisatawan datang menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi, bahkan tidak sedikit yang menggunakan kendaraan bak terbuka. 

Baca Juga

"Kami sudah memprediksi wisatawan akan kembali melonjak pada dua pekan setelah lebaran. Maka dari itu, koordinasi terus dilakukan untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan laut," kata Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi Jujun Juaeni di Sukabumi, Ahad (21/4/2024).

Menurut Jujun, peningkatan jumlah wisatawan yang datang pada pekan kedua momen perayaan Idul Fitri 1445 H sudah terjadi sejak Sabtu (20/4/2024). Ini terlihat dari banyaknya kendaraan yang masuk ke objek wisata pantai selatan Kabupaten Sukabumi. 

Namun, jumlah wisatawan yang datang pada pekan kedua perayaan Idul Fitri ini tidak sebanyak seperti pada pekan pertama. Untuk kali ini jumlah wisatawan yang datang kurang lebih 5 ribu jiwa atau sekitar 50 persen dibandingkan pada libur lebaran pada pekan pertama.

Salah seorang wisatawan lokal yang berasal dari Kecamatan/Kabupaten Sukabumi, Angga Rahayu, mengatakan pihaknya baru bisa berlibur ke pantai pada pekan ini. Pasalnya saat Lebaran mulai dari hari pertama hingga H+7 dirinya masih mendapatkan tugas dari kantornya.

"Alhamdulillah bisa terlaksana liburan di pantai, awalnya kami mengira kondisi objek wisata pantai sudah tidak sepadat seperti pekan pertama, namun saat datang hampir sepanjang objek wisata yang berada di Kecamatan Cisolok penuh oleh pengunjung seperti di Pantai Karanghawu," katanya.

Sama halnya, wisatawan asal Tangerang, Banten saat ditemukan di Pantai Cikembang Rendy Rahadian mengaku memilih pekan ini berwisata ke pantai di Kabupaten Sukabumi. Pasalnya pekan pertama melihat di media sosial dan berita pantai selatan Kabupaten Sukabumi saat libur Lebaran di pekan pertama penuh oleh wisatawan.

Akan tetapi perkiraan dirinya salah, ia mengira di libur lebaran pekan kedua ini jumlah wisatawan tidak sebanyak saat kemarin-kemarin, namun nyatanya hampir di seluruh titik objek wisata pantai dipadati pengunjung. "Untuk parkir pun susah karena sejak pagi sudah ramai pengunjung, tapi akhirnya dapat juga tempat parkir di Pantai Cikembang dan saya baru tahu ada pantai ini yang keindahannya tidak kalah dari objek wisata serupa di Sukabumi," ujarnya. 

Petugas penjaga pantai yang berada di lokasi pun terlihat sibuk mengawasi wisatawan sembari memberikan imbauan untuk tidak berenang dan beraktivitas di lokasi rawan. Kepadatan wisatawan baru berkurang menjelang sore atau sekitar pukul 15.00 WIB mayoritas kendaraan mengarah ke luar objek wisata.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement