Sabtu 20 Apr 2024 08:50 WIB

Seorang Calon Paskibra Sukabumi Meninggal Saat Uji Kesamaptaan

Calon paskibra di Sukabumi Jabar meninggal saat uji kesamaptaan, diduga kelelahan.

Anggota Paskibraka sedang melakukan latihan (ilustrasi). Calon paskibra di Sukabumi Jabar meninggal saat uji kesamaptaan, diduga kelelahan.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Anggota Paskibraka sedang melakukan latihan (ilustrasi). Calon paskibra di Sukabumi Jabar meninggal saat uji kesamaptaan, diduga kelelahan.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI -- Kepala Bidang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) Baskesbangpol Kabupaten Sukabumi Anzar Kusnandar mengatakan sebelum meninggal dunia Kayla Nur Syifa calon anggota paskibra tingkat kabupaten itu sempat mengalami kejang-kejang.

"Saat tiba di RSUD Palabuhanratu dan menjalani tindakan dari tim medis, siswi kelas 10 SMAN 1 Cisaat ini sempat mengalami kejang dan dari mulutnya mengeluarkan busa dan nyawa korban tidak tertolong," katanya, di Sukabumi, Jumat (19/4/2024).

Baca Juga

Menurut Anzar, meninggalnya Kayla mungkin dipicu kelelahan, kemudian pingsan dan saat di rumah sakit kejang-kejang dan dari mulutnya mengeluarkan busa.

Selain itu setiap tindakan yang dilakukan tim medis, pihaknya selalu mendampingi Kayla. Namun berbagai upaya untuk menyelamatkan calon anggota paskibra ini tidak berhasil dan dinyatakan meninggal dunia.

Hasil pemeriksaan tim medis, dokter mendiagnosa fungsi jantung atau elektrokardiografi (EKG) Kayla sudah melemah. Kemungkinan besar kekurangan oksigen ke otak dan jantung sehingga tidak berfungsi dengan baik.

"Dokter menyatakan kemungkinan kurangnya oksigen ke otak dan jantung, sehingga dua organ itu tidak berfungsi dengan baik. Kasus meninggalnya calon anggota paskibra merupakan yang pertama terjadi di Kabupaten Sukabumi," tambahnya.

Untuk jenazah Kayla telah dibawa dari RSUD Palabuhanratu ke rumah duka di Jalan Cibentang, RT 10, RW 05, Desa Cibentang, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi.

Sebelumnya Kayla sempat pingsan di lintasan lari Lapang Cangehgar, Kecamatan Palabuhanratu, pada Jumat saat melaksanakan uji kesamaptaan dengan lari selama 12 menit atau tujuh keliling. Namun saat hendak istirahat, siswi kelas 10 ini tiba-tiba pingsan di tengah lintasan lari.

Panitia seleksi yang melihat kejadian itu sempat memberikan pertolongan dan dibawa ke tribun. Saat diberikan pertolongan pertama, korban sempat kejang-kejang, mata mulai membalik dan keluar busa dari mulut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement