Rabu 17 Apr 2024 17:59 WIB

Airlangga Percaya Diri Menang Aklamasi di Munas Golkar 2024

Selain AMPI, tiga ormas bentukan dan dua organisasi pendiri Golkar nyatakan dukungan.

Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menerima surat dukungan dari AMPI untuk kembali memimpin Golkar periode 2024-2029, Selasa (16/4/2024).
Foto: dok partai golkar
Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto menerima surat dukungan dari AMPI untuk kembali memimpin Golkar periode 2024-2029, Selasa (16/4/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan kepercayaan diri, dapat menang aklamasi di Musyawarah Nasional (Munas) Golkar pada Desember 2024 mendatang.

"Insya Allah," ujarnya singkat saat ditanyakan kepercayaan dirinya di Jakarta, Selasa (16/4/2024) malam.

Baca Juga

Hal itu disampaikan Airlangga usai menerima surat dukungan dari Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) sebagai salah satu ormas didirikan Golkar. AMPI mendeklarasikan dan menyerahkan surat dukungan kepada Airlangga Hartarto, untuk menjadi Ketua Umum Partai Golkar periode ketiga 2024-2029.

Pernyataan sikap dan deklarasi dibacakan Sekjen AMPI Ahmad Andi Bahri dalam kegiatan halal bihalal di Jakarta, Selasa (16/4/2024) malam. "Kami Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia dengan ini secara resmi, mendeklarasikan dukungan kepada Bapak Airlangga Hartarto dalam Musyawarah Nasional (Munas) 2024 sebagai Ketua Umum Partai Golkar," kata Bahri.

Poin lain dalam surat itu, dimana AMPI mengapresiasi kepemimpinan Airlangga sebagai ketua umum yang telah berhasil memimpin Golkar sejak 2017 hingga 2024. Hasilnya, kata Bahri, Golkar memenangkan pemilihan presiden sebanyak dua kali berturut-turut, memenangkan Pilkada sebanyak 61,11 persen di tahun 2019, serta meningkatkan suara partai sebesar 15,28 persen pada Pemilu 2024.

Selain itu, komitmen Airlangga kepada anak muda tidaklah diragukan, terbukti AMPI mendelegasikan sebanyak 213 kadernya di Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024, baik tingkat kabupaten, kota, provinsi, DPR dan DPD. AMPI pun memberikan gelar Ksatria Aswata Jaya kepada Airlangga Hartarto.

Bahri menyatakan, AMPI memahami tantangan ke depan tidaklah mudah, perjuangan ke depan perlu nahkoda yang kuat untuk mengawal pemerintahan pasangan Prabowo-Gibran.

Sementara itu, Ketua Umum DPP AMPI Jerry Sambuaga mengatakan enam anggota AMPI telah lolos menjadi anggota DPR RI. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada Airlangga, karena memberikan kesempatan kepada anak-anak muda. "Terima kasih kesempatan, peluang dan kepercayaan. Semoga amanah ini bisa dijawab dengan prestasi," katanya menegaskan.

Selain AMPI, tiga organisasi masyarakat (ormas) bentukan Partai Golkar juga menyerahkan surat dukungan yakni Majelis Dakwah Islamiyah (MDI), Himpunan Wanita Karya (HWK) dan Pengajian Al Hidayah. Dukungan itu kepada Airlangga, untuk menjadi Ketua Umum Partai Golkar periode ketiga 2024-2029. Tersisa, satu ormas bentukan Golkar yang belum menyerahkan dukungan yakni Satuan Karya Ulama Indonesia.

Selain itu, dua organisasi yang mendirikan Partai Golkar yakni Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) dan PPK Kosgoro 1957 juga memberikan surat dukungan kepada Airlangga. Tersisa satu organisasi pendiri yang belum memberikan dukungan yakni sentral organisasi karyawan swadiri Indonesia (SOKSI).

Bahkan, Airlangga mengaku telah mendapatkan dukungan dari seluruh pimpinan daerah Golkar se-Indonesia, untuk maju kembali sebagai ketua umum periode ketiga.

Airlangga menyatakan dukungan itu merupakan amanah yang harus dijaga. Kata dia, agenda Partai Golkar jangka pendek yakni persiapan Pilkada dengan target 60 persen kemenangan.

"Setelah itu, kami Insya Allah akan bertanggung jawabkan di Munas pada bulan Desember nanti," katanya menegaskan.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement