Rabu 17 Apr 2024 17:52 WIB

Indonesia Lobi Banyak Negara Termasuk Iran Agar tak Berlanjut Perang

Menlu RI berharap Israel tak lancarkan serangan balasan ke Iran.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Teguh Firmansyah
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, temui Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin, di Istana Wapres di Jakarta, Rabu (17/4/2024)
Foto: Dok Setwapres
Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, temui Wakil Presiden RI, KH Maruf Amin, di Istana Wapres di Jakarta, Rabu (17/4/2024)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juru bicara Wakil Presiden RI, Masduki Baidlowi, mengatakan hari ini, Rabu (17/4/2024) Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, menggelar pertemuan dengan Wapres, KH Ma'ruf Amin di Jakarta.

Dalam pertemuan itu menurut Masduki, Menlu melaporkan bahwa pemerintah Indonesia aktif melakukan lobi-lobi ke banyak negara termasuk kepada Iran agar tidak terjadi perang. Menlu kata Masduki juga berharap agar Israel tidak melakukan aksi balasan kepada Iran agar situasi di Timur Tengah mereda. 

Baca Juga

"Jadi Ibu Menlu (Retno Marsudi) melaporkan progres apa yang dikerjakan oleh ibu Menlu terkait dengan kegiatan melakukan lobi pemerintahan Indonesia terhadap berbagai negara, termasuk kepada Iran yang menjadi fokus agar tidak terjadi perang, agar tidak terjadi pembalasan dari pihak Israel," kata Masduki. 

Berdasarkan laporan Menlu kepada Wapres, Masduki menyebut lobi yang dilakukan pemerintah Indonesia ke berbagai negara terus berlangsung hingga sekarang. Ia menilai hal itu harus intens dilakukan agar Indonesia turut berkontribusi mendorong terciptanya situasi kondusif dunia internasional 

Selain itu, Menlu lanjut Masduki juga melaporkan kepada Wapres terkait eksistensi dukungan Indonesia terhadap kemerdekaan Palestina. Masduki menyebut Menlu menegaskan kepada Wapres bahwa tidak benar Indonesia telah membuka peluang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. 

"Yang kedua ibu Menlu juga melaporkan terkait dengan hal yang berhubungan dengan eksistensi Palestina dan hubungan antara Indonesia dengan Palestina, jadi tidak benar sebagaimana yang diberitakan yang menyertakan bahwa sudah ada kemungkinan pembukaan hubungan diplomatik antara Israel dengan Indonesia," ucap Masduki.  

Masduki juga menegaskan komitmen Wapres Ma'ruf Amin membuat Indonesia konsisten mendukung Palestina. Di mana Wapres menurut Masduki konsisten menawarkan solusi damai antara Israel dan Palestina. 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement